Polres dan Kodim 0912 Kubar Bersiaga Pengamanan Pilkada Mahulu dan Kubar

Polres dan Kodim Kubar akan mengamankan gelaran Pilkada di dua daerah sekaligus.

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Menghadapi Pilkada 2020 di dua kabupaten –Kubar dan Mahulu-, Kodim 0912 Kutai Barat (Kubar) dan Polres Kubar bakal bekerja ekstra keras.

Karena di lapangan, dua kabupaten ini. Jarak antar kawasan seperti desa atau kecamatan. Jaraknya cukup jauh. Akses kendaraan juga belum sepenuhnya baik. Akses komunikasi pun begitu.

“Saat ini Kodim 0912 Kubar memiliki 400 personel. Terbagi di 13 Koramil se-Kubar dan Mahulu,” terang Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi kepada nomorsatukaltim di Sendawar, Jumat (18/9).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Memang cukup berat satu Kodim membawahi dua wilayah dengan kondisi teritorial daerah yang berjarak jauh. Namun Dandim 0912 mengaku mampu untuk pengamanan Kubar dan Mahulu. Untuk sementara, belum meminta Bantuan Kendali Operasi (BKO).

“Dalam pengamanan Pilkada 2020 Kubar dan Mahulu Kodim 0912 Kubar mengoptimalkan personel yang ada di Kubar dan Mahulu,” ucapnya.

Personel Kodim 0912/KBR yang kini berjumlah 400 orang, akan bergerak di 21 kecamatan se-Kubar dan Mahulu. Lebih utama di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dua kabupaten.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Sekarang sudah mulai bergerak. Tetapi lebih dikuatkan pasukan pada saat masa tenang dan  pencoblosan 9 Desember 2020,” tandas Anang Sofyan Effendi.

Selain Kodim 0912, Polres Kubar juga semakin menguatkan personelnya menghadapi Pilkada Kubar dan Mahulu 2020. Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra telah menginstruksikan agar seluruh jajaran Polsek di Kubar dan Mahulu bersiaga.

“Seluruh personel Polres Kubar dilibatkan untuk pengamanan Pilkada Kubar dan Mahulu 2020.,” tutur Kapolres Roy Satya Putra melalui pesan singkat WhatsApp.

Sedangkan untuk BKO Polda Kaltim, akan dipersiapkan sesuai pentahapan Pilkada. Saat ini Polres Kubar memiliki total 578 personel yang tersebar di 13 Polsek.

“Saat ini untuk kantor KPU Kubar dan Mahulu sudah ditugaskan pengamanan personel Polres. Selanjutnya semakin ditambah personel untuk pengamanan,” tandas Roy Satya Putra.

Terkait pengamanan tersebut, KPU Kubar mengakui jika anggota Polres sudah mulai berjaga. Sementara anggota TNI sifatnya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Baca juga: Hasil Swab Keluar, Kasmidi Dinyatakan Negatif COVID-19

 “Untuk anggaran pengamanan, Polres menggunakan anggaran sendiri atau hibah kepada Polri langsung,” ungkap Arkadius Hanye.

Begitu pula dengan KPU Mahulu. Mesi berjarak jauh dengan Polres dan Kodim 0912 Kubar. Namun saat ini Polsek dan Koramil Long Bagun terus bersiaga dalam pengamanan di Kantor KPU Mahulu di Kampung Long Bagun.

“Kami  (KPU Mahulu) saat ini masih berkoordinasi dengan Polres dan Kodim 0912 Kubar. Untuk anggaran pengamanan, itu internal Polres dan Kodim,” terang Ketua KPU Mahulu, Frederik Melawen di ujung telepon sore kemarin.(imy/ava)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: