Pendaftar Beasiswa Gemilang Diverfikasi

Bupati Berau Muharram saat menyerahkan Beasiswa kepada sejumlah pelajar beberapa waktu lalu (Ilustrasi)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Penyaluran Beasiswa Berau Gemilang tahun 2020 tetap dicairkan tahun. Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Berau, Syafri mengatakan, meskipun saat ini penyebaran Pandemik COVID-19 masih tinggi penyaluran beasiswa tersebut tetap akan dilakukan.

“Insya Allah akan segera dicairkan setelah prosesnya selesai,” ujarnya, Jumat (18/9).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Diterangkannya, pendaftaran beasiswa tersebut sudah ditutup pada 29 Agustus lalu. Kini pihaknya melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang diberikan oleh pemohon. Berdasarkan data pendaftar yang masuk, terbagi beberapa jenjang pendidikan. Yang mana untuk tingkat DII hingga S1 sebanyak 972 pendaftar.

Dengan rincian D2 ada 15 pendaftar, D3 ada 62 pendaftar, D4 pendaftar sebanyak 20 peserta. Untuk jenjang S1 berjumlah 875 pendaftar.Sementara untuk jenjang tingkatan SMA sebanyak 460 pelajar yang mendaftar.

“Pendaftaran beasiswa yang masuk itu masih kami lakukan verifikasi. Mudah-mudahan verifikasinya bisa selesai dalam bulan ini, jadi langsng kami buatkan SK (Surat Keputusan),” katanya.

Menurut mantan camat Bidukbiduk itu, tidak semua berkas pendaftaran yang masuk sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Sehingga perlu dilakukan pengecekan ulang, apakah berkas yang diserahkan sudah lengkap atau masih ada yang kurang.

“Tentu akan disesuaikan aturan yang ada. Tapi, bagi peserta yang mendaftar dan sesuai dengan Perbup, maka otomatis lolos mendapatkan beasiswa. Karena berdasarkan verifikasi kami, beberapa peserta yang tidak memenuhi syarat, ikut mendaftar juga,” jelasnya.

Diterangkannya juga, kuota pendaftaran beasiswa gemilang mulai jenjang SMA hingga perguruan tinggi yang disiapkan pihaknya hingga pendaftaran ditutup, tidak terisi penuh. Pasalnya, kuota yang disediakan untuk program D2 hingga S1 sebanyak 1000 orang, namun hanya terisi 875.

Sementara untuk jenjang pelajar SMA sederjat dibuka untuk kuota 700 pendaftar, namun hanya 460 siswa saja yang mendaftar. Untuk beasiswa program D2 hingga S1 sebesar Rp 3 juta pertahun, dan untuk jenjang SMA sederajat Rp 2 juta pertahun.

“Sesuai alokasi yang disiapkan di kegiatan Beasiswa Berau Gemilang dengan anggaran lebih Rp 4 miliar,” jelasnya.

Beasiswa tersebut akan diberikan kepada penerima melalui transfer ke rekening peserta masing-masing.

“Karena penyaluran beasiswa gemilang ini non tunai,” katanya.

Dirinya berharap, beasiswa yang didapatkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan pendidikan, baik itu untuk program pendidikan D2, D3, D4 dan S1 maupun jenjang SMA sederajat.

“Harapannya beasiswa ini dapat meringankan biaya pendidikan, dan memenuhi kebutuhan pendidikan peserta yangf berhasil mendapatkannya,” pungkasnya. (*/ZZA)

Saksikan video menarik berikut ini: