Dibagi Pekan Depan


Bupati Berau, Muharram meresmikan SMP 4 di Kampung Tasuk, beberapa waktu lalu. Siswa di sekolah ini akan menerima beasiswa yang mulai dibagikan pekan depan.(DOK)

809 Siswa Terima Beasiswa

TANJUNG REDEB, DISWAY – Beasiswa untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Berau akan dibagikan, pekan depan. Nilainya, Rp 2 juta per siswa.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, Jumairi menjelaskan, yang menerima Senin pekan depan baru 200 siswa dari 809 penerima.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Beasiswa telah dibagikan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini jumlahnya naik Rp 500 ribu. Tahun sebelumnya hanya Rp 1,5 juta, tahun ini menjadi Rp 2 juta.

“Jumlah penerima di 2020 lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Sesuai pendataan masing-masing sekolah. Beasiswa diberikan kepada siswa kurang mampu,” jelasnya kepada Disway Berau, (18/9).

Menurutnya, sebagian siswa belum bisa menerima karena berkas belum lengkap. Terutama belum adanya rekening.

Jumairi menjelaskan, pihak sekolah tidak bisa mengambilnya, karena beasiswa harus langsung masuk ke rekening penerima. Hal itu sudah menjadi ketentuan. Diterima non tunai.

Hanya saja kendalanya, tambah Jumairi, adalah kurangnya informasi menyeluruh kepada siswa. Karena pandemik COVID-19 tidak mengharuskan mereka belajar tatap muka.

“Kendala di tahun ini adalah sulitnya berkas terkumpul. Kalau masalah penyaluran tidak ada masalah karena langsung ditransfer. Dananya sudah siap,” jelasnya.

ucapan pemkab mahulu

Jumairi berharap agar berkas dilengkapi agar bisa tersalurkan sebelum Desember. Karena beasiswa dapat meringankan dan menunjang proses pembelajaran jarak jauh di tengah pandemik COVID-19.

Seharusnya, kata Jumairi, beasiswa diberikan juga kepada siswa berprestasi. Namun di tengah pandemik, banyak kegiatan yang tidak dilaksanakan. Seperti olimpiade siswa. “Jadi untuk siswa berprestasi belum diberikan,” tandasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: