Baru Lagi

Klaster COVID-19 dari Pesisir Selatan Berau

TANJUNG REDEB, DISWAY – Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) belum juga terkendali. Bahkan, penyebarannya meluas hingga ke pesisir selatan Bumi Batiwakkal. Dan membuat terbentuknya klaster baru. Klaster Log Pond.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Iswahyudi mengatakan, penyebaran bermula dari adanya pelaku perjalanan yang terkonfirmasi COVID-19 di Kecamatan Batu Putih.

Dari pelaku perjalanan itu, menularkan hingga ke keluarga bahkan masyarakat sekitar di lingkungannya. Dengan adanya kejadian itu, terbentuklah klaster baru di Kabupaten Berau. Yakni klaster Log Pond.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Iswahyudi menyebutkan, saat ini ada lima pasien yang telah ditetapkan sebagai bagian dari klaster Log Pond. Yakni, NY (22) warga Batu Putih dengan hasil TCM positif, selanjutnya disebut Berau-236. EY (25) dengan kode Berau-237, HM (25) dengan kode Berau-238, SS (79) dengan kode Berau-239, dan SQW (7) dengan kode Berau-240.

“Itu adalah lima orang yang telah ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dari klaster Log Pond,” jelasnya kepada Disway Berau, Jumat (18/9).

Selain klaster baru, pihaknya juga mengumumkan adanya penambahan pasien dari pelaku perjalanan. Disebutkannya ada 9 pasien yang telah dinyatakan positif. Adapun daerah keberangkatannya tersebar dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi hingga lokal Kaltim.

Dari 9 pelaku perjalanan itu, 8 orang di antaranya adalah karyawan perusahaan. Disebutkan Iswahyudi, TSP (32) pelaku perjalanan dari Makassar dengan kode Berau-241. Kemudian, BEP (23) juga pelaku perjalanan dari Makassar dengan kode Berau-242.

Selanjutnya, EP (Berau-243) dan RDS (Berau-244) merupakan pelaku perjalanan dari Jawa Tengah. Yakni, dari Kebumen dan Pekalongan.

“Ada juga satu pasien dari Mojokerto, Jawa Timur. Pasien itu berinisial MS (37) warga Tanjung Redeb dengan hasil PCR positif, yang selanjutnya disebut Berau-245,” ungkapnya.

ucapan pemkab mahulu

Kemudian, RKS (20) warga Tanjung Redeb dengan kode Berau-246, pelaku perjalanan dari Medan. PGS (29) pelaku perjalanan dari Medan dengan kode Berau-247.

“Ada juga RM dari Bandung dengan kode Berau-248 dan ZA dari Balikpapan degnan kode Berau-249,” sebutnya.

Selain tambahan kasus positif, pihaknya juga merilis satu pasien yang telah dinyatakan sembuh dan selesai isolasi. Yakni, YN (25) warga Tanjung Redeb, juga pelaku perjalanan dari Jakarta, dengan kode Berau-190.

Dengan demikian, saat ini jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di Berau sebanyak 249 kasus, 77 pasien masih menjalani perawatan dan 1 pasien dinyatakan meninggal dunia.

“Sisanya, sudah dinyatakan sembuh dan selesai isolasi,” pungkasnya.*fst/app

Saksikan video menarik berikut ini: