Rumah Mewah di Balikpapan Baru Disatroni Maling, Satu Pelaku Tertangkap, Satu Kabur

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sebuah rumah mewah di kawasan Balikpapan Baru Blok F3 nomor 3, tepatnya di RT 19 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara didatangi komplotan maling, Kamis (17/9/2020) sekitar pukul 23.00 Wita.

Berdasarkan pengakuan Sekretaris RT 19 Kelurahan Gurinda Baru sekaligus koordinator security Balikpapan Baru, Mamat mengatakan sehari sebelumnya, memang terdapat sebuah mobil angkot warna kuning nomor 5 yang parkir di depan rumah tersebut. Namun saat hendak didatangi oleh penjaga, mobil tersebut kabur.

“Melihat hal tersebut saya mengadakan rapat bersama RT-RT dan security untuk memperketat pengamanan dan patroli,” ujarnya, Kamis (17/9/2020).

Lanjut Mamat, rupanya setelah dilakukan patroli oleh pihak keamanan komplek, angkot warna kuning nomor 5 tersebut ada lagi di sekitar rumah tersebut. Hanya saja posisi angkot tersebut terparkir sedikit jauh dari rumah itu.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Kita patroli ada lagi angkot itu. Tapi petugas kita lihat pintu pagar rumah itu sudah terbuka. Jadi kita langsung laporkan ke Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara,” jelasnya.

Benar saja, saat petugas keamanan komplek perumahan mengepung rumah tersebut bersama sejumlah polisi, terdapat dua orang yang berada di dalam rumah tersebut. Dan akhirnya satu orang berhasil diringkus atas nama Kamarudin. Sementara satu orang lainnya atas nama Mutu kabur dari bagian belakang rumah.

“Satu orang yang diamankan, satunya lagi lepas,” tambah Mamat.

Mamat mengaku, rumah tersebut memang tidak ditinggali oleh pemiliknya yang bernama Suwito. Hanya saja ada orang kepercayaannya yang setiap minggu datang untuk membersihkan rumah tersebut.

“Pemiliknya Pak Suwito cuma jarang datang. Ada mungkin orang kepercayaannya atau asisten rumah tangganya aja, seminggu sekali datang bersih-bersih,” ujarnya.

Sementara itu asisten rumah tangga rumah tersebut yang enggan disebut namanya mengaku, jika beberapa barang elektronik di dalam rumah tersebut sudah raib. Selain itu juga beberapa pakaian milik tuan rumah ikut hilang.

ucapan pemkab mahulu

“Yang hilang tv, dan beberapa alat elekronik lainnya. Juga di kamar itu saya lihat baju-baju sama celana ikut diambil,” ujarnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi Kapolsek Balikpapan Utara, Mukhammad Masut membenarkan adanya kejadian tersebut di wilayah hukumnya. Saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan terhadap kejadian tersebut.

“Ia benar, saat ini masih lidik dulu ya mas. Satu orang yang kita amankan, satunya lagi masih dalam pengejaran,” ujarnya.

Polisi pun telah mengamankan sejumlah barang bukti, seperti satu unit angkot nomor 5 warna kuning KT 1017 YU, dan beberapa lembar pakaian milik korban yang sempat dibawa pelaku. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: