Pemkot Balikpapan Akan Sewa Hotel Bintang 2 dan 3 untuk OTG

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menyewa hotel untuk menjadikan tempat isolasi bagi pasien COVID-19 dengan riwayat orang tanpa gejala (OTG) atau asimptomatik. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Jumat (17/9/2020).

“Itu program dari kementerian. Kita akan menginventarisasi sejumlah hotel berbintang dua dan tiga untuk disewa sebagai tempat isolasi pasien OTG,” ujarnya.

Lanjut Rizal, program sewa hotel bagi pasien OTG COVID-19 sudah mulai dijalankan oleh beberapa daerah, dan salah satunya adalah Provinsi DKI Jakarta.

“Di Jakarta sudah mulai, nanti kita tunggu petunjuk teknisnya dari Kementrian Kesehatan dulu. Kita inventarisasi dulu mana hotel yang akan disewa untuk pasien OTG selain embarkasi,” jelasnya.

Rizal juga menambahkan, saat ini pemerintah pusat telah melakukan kerjasama dengan jaringan grup Hotel Accor. Di Balikpapan sendiri terdapat hotel Novotel dan Ibis. Sehingga, hotel-hotel tersebut mendapat rekomendasi langsung untuk dijadikan tempat isolasi mandiri.

“Mereka sudah resmi ada rekomendasi kerjasama dengan pusat. Jadi ini salah satu hotel yang akan menerima pasien isolasi mandiri,” tambahnya.

Ditanya alasan memilih hotel sebagai tempat isolasi mandiri, Rizal menyebut dikarenakan isolasi di rumah tidak berjalan dengan efektif. Sehingga rentan penularan akibat kurang disiplinnya masyarakat berstatus pasien OTG dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Selain faktor protokol kesehatannya yang kurang, kalau di hotel dipilih yang lebih murah karena tentu biaya pemerintah juga harus dihitung dengan baik,” tutupnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: