Hebat! BLK Samarinda dan IHGMA Kaltim Bangun Kerja Sama

Hebat! BLK Samarinda dan IHGMA Kaltim Bangun Kerja Sama
Jajaran Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, BLK Samarinda beserta pengurus IHGMA Kaltim. (IST)

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Menjawab tantangan industri yang semakin terbuka, Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kembali meneken Memorandum of Understanding (MOU). Dengan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kalimantan Timur (Kaltim).

Penandatanganan MoU berlokasi di Jalan Untung Suropati Nomor 43, Loa Bakung, Kecataman Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Tepatnya di Workshop Operator Dozer BLK Samarinda. Prosesi yang berlangsung pada Kamis (17/9) sore itu disaksikan oleh seluruh pimpinan hotel di Samarinda.

Kepala BLK Samarinda, Andri Susila mengatakan, kerja sama ini bermaksud membangun penyelenggaraan program sertifikasi pengembangan dalam pelatihan di bidang perhotelan. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan keahlian bisnis di bidang terkait.

“Sebenarnya kita hanya memperbarui kerja sama dengan IHGMA. Walau saat ini cakupannya dengan Kaltim,” Kata pria ramah ini kepada Disway Kaltim.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Andri juga menjelaskan, kerja sama tersebut dikhususkan pada program instruktur pengajar dan penempatan di bidang-bidang perhotelan.

“Kita punya kendala dalam hal penempatan. Dengan adanya kerja sama ini, memudahkan penempatan peserta yang kita latih di hotel-hotel. Sesuai keahlian yang dibutuhkan,” bebernya.

Dirjen Binalattas RI, Budi Hartawan menyampaikan, seluruh pelatihan yang diaplikasikan di BLK ini harus sesuai dengan standardisasi.

“Kita di BLK ini membuat pertemuan untuk meningkatkan keahlian peserta-perserta yang kita latih. Sesuai dengan pasar kerja,” urainya.

Dengan penerapan tersebut, para peserta diharapkan bisa bekerja sesuai dengan kurikulum kerja maupun kewirausahaan.

“Kita mengharapkan kepada seluruh peserta yang telah mendapatkan latihan di BLK dapat bekerja di bidang yang disesuaikan. Bagi yang ingin menjadi pebisnis pun dapat membuka usahanya,” pungkas dia. (adv/top/qn)

ucapan pemkab mahulu

Saksikan video menarik berikut ini: