PIKA Pupuk Kaltim Ajak Anggota Lebih Berperan Cegah COVID-19 di Lingkungan Keluarga

BONTANG, Nomorsatukaltim.com – Ibu rumah tangga (IRT) harus lebih tanggap dalam mencegah penyebaran sekaligus mengantisipasi penularan COVID-19 di lingkungan keluarga. Agar pemahaman IRT dalam penanganan COVID-19 meningkat, Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim menggelar seminar virtual bertema, peran ibu dalam melindungi keluarga pada kondisi pandemi COVID-19, Rabu (16/9/2020).

Ketua Covid Ranger Pupuk Kaltim, David Ronaldo mengatakan, kegiatan yang diikuti ratusan IRT ini sebagai upaya meminimalisasi penyebaran masif COVID-19. Khususnya pada tataran keluarga sebagai lingkup terkecil dengan potensi penyebaran yang cukup rentan. Peran penting IRT sebagai garda terdepan pencegahan virus, sekaligus mampu menjadi agen untuk melindungi anggota keluarga dari potensi Covid-19.

“Apalagi penularan Covid-19 mulai banyak terjadi pada klaster keluarga. Salah satu tertular saat di luar rumah dan ketika pulang menyebar ke seluruh anggota keluarga. Ini jadi perhatian utama Pupuk Kaltim dan wajib diantisipasi,” kata David.

Dijelaskan, ada dua konsep penekanan pencegahan COVID-19 untuk lebih mudah dipahami serta diimplementasikan pada tataran keluarga maupun lingkup Perusahaan, yakni do and don’t. Berupa anjuran dan larangan yang diharap jadi perhatian utama dalam aktivitas harian di masa adaptasi kebiasaan baru. Beberapa poin anjuran di antaranya penerapan 3M, yaitu mengunakan masker dengan baik dan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer di setiap kegiatan.

Selanjutnya yang juga penting, adalah menjaga kondisi tubuh dengan giat berolahraga yang sifatnya individu, serta meningkatkan nilai gizi makanan bagi anggota keluarga di rumah.

“IRT juga diimbau meminimalisasi kegiatan berkumpul, seperti arisan, nongkrong, dan olahraga yang sifatnya massal, serta tidak dulu bepergian ke luar kota, apalagi ke daerah dengan tingkat penyebaran yang tinggi,” tambah David.

Ketua Umum PIKA Pupuk Kaltim, Tata Rahmad Pribadi menilai, pemahaman antisipasi COVID-19 bagi IRT perlu ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkala. Mengingat transmisi pada lingkungan keluarga lebih masif dibanding klaster umum. Data September 2020, sekira 30-70 persen penularan baru di Indonesia berasal dari klaster keluarga, termasuk di lingkungan Pupuk Kaltim.

Untuk itu, PIKA sebagai wadah organisasi istri karyawan Pupuk Kaltim, concern untuk mengantisipasi meluasnya COVID-19 dengan mengingatkan kembali seluruh anggota. Jika peran IRT sangat dekat dalam pertahanan keluarga terhadap potensi virus.

“Ini tantangan untuk menyeimbangkan peran ibu sebagai pelindung kesehatan keluarga, dengan turut aktif mencegah meluasnya COVID-19,” kata Tata.

Menurut Tata, peran dan fungsi ibu menjadi dasar utama memutus rantai penyebaran COVID-19, sekaligus ujung tombak di tengah keluarga untuk mencegah penularan. Upaya yang dapat dilakukan adalah harus memastikan anggota keluarga tetap berada di rumah, dengan membuat suasana nyaman, menyediakan makanan bergizi dan seimbang, serta mengingatkan penerapan protokol kesehatan secara aktif bagi seluruh anggota keluarga. Termasuk mendampingi anak usia sekolah untuk belajar di rumah.

“Kami imbau anggota PIKA senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dengan baik dan benar, utamanya apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus ini,” pesan Tata.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi berharap webinar ini dapat memberi edukasi dan pengetahuan lebih luas terkait peran ibu dalam melindungi keluarga di tengah pandemi. Sehingga dapat diimplementasikan secara optimal di lingkungan keluarga, khususnya penerapan protokol kesehatan di segala aktivitas anggota keluarga.

Rahmad juga mengimbau anggota PIKA Pupuk Kaltim terus semangat untuk memberi kontribusi terbaik dalam melindungi keluarga dari COVID-19. Utamanya saling dukung dan mengingatkan untuk tetap menjaga diri, serta melindungi keluarga secara maksimal.

“Mari kita jaga keluarga sebagai lingkungan terkecil dari potensi COVID-19, dengan terus mematuhi protokol kesehatan demi orang-orang yang kita cintai dan sayangi. Stay safe dan stay healthy,” tutur Rahmad. (adv/*/ram/nav/zul)

Komentar