Komunitas Gay Belum Terendus, Polda Kaltim: Jika Ada, Segera Laporkan

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Baru-baru ini, Indonesia dihebohkan pengungkapan kasus komunitas gay yang tengah melangsungkan sebuah pesta, di sebuah apartemen di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Bahkan penyelenggara pesta tersebut mengaku sudah enam kali menggelar kegiatan serupa sejak 2018.

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, pihaknya saat ini telah memberi atensi serius terhadap kasus tersebut. Meski demikian, Polda Kaltim sejauh ini belum menemukan sebuah komunitas berbau seksual, khususnya gay seperti yang ada di Jakarta tersebut.

“Memang menjadi perhatian ya, tapi sejauh ini kita belum ada menemukan perkumpulan atau sebuah komunitas yang seperti itu ya,” ujarnya disela-sela kunjungan Kabarhakam Polri, Kamis (17/9/2020).

Lanjut Ade Yaya, Polda Kaltim juga belum ada menerima laporan adanya korban terkait kekerasan seksual. Sehingga disebutnya sejauh ini Kaltim masih aman soal komunitas gay tersebut.

“Sampai saat ini juga kita tidak ada menerima laporan baik korban ya, dan semoga tidak terjadi di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Disinggung apa langkah yang dilakukan Polda Kaltim untuk mencegah hal tersebut terjadi disini, Ade Yaya menjelaskan jika pihaknya telah melakukan komunikasi terhadap seluruh lapisan masyarakat, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Imbauan kepada masyarakat jika ada yang tahu ya sebaiknya dicegah dan segera dilaporkan ke kami,” tambahnya.

Namun jika hal seperti di Jakarta terjadi di Kalimantan Timur dan terbukti ada, maka Polda Kaltim pun siap untuk melakukan berbagai langkah hukumnya.

“Ya yang pasti kan kepolisian punya langkah-langkah preventif maupun penegakan hukum. Langkah seperti itu yang akan kita lakukan jika memang ada ya,” tutup Ade Yaya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: