Sangatta Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Sebabnya

Sangatta, nomorsatukaltim.com – Hampir seluruh warga Kota Sangatta mengeluhkan debit air PDAM yang kecil. Bahkan ada beberapa lokasi yang tak mendapatkan suplai air bersih sama sekali. Salah satu yang saluran air bersihnya teganggu adalah Siti Hariyah (59) warga Jalan Pinang Dalam.

“Saya heran saja kenapa air jadi kecil tidak seperti biasanya kita kan jadi susah karena air tidak lancar begini,” keluhnya kepada awak media.

Keluhan masyarakat atas kejadian tidak mengalirnya air dari PDAM Tirta Tuah Benua (TTB) akhirnya terjawab.

Kasubbag Humas dan Protokol PDAM TTB Kutim Noor Hadi Syaputra menjelaskan. Gangguan yang menimpa PDAM TTB saat ini karena adanya kerusakan pipa induk yang berada di Jalan Poros Kabo. Di samping Jembatan Murung.

“Kerusakan terjadi pada kemarin (Selasa) malam sekitaran jam 12.00 Wita. Disebabkan oleh bergesernya tanah sehingga tiang yang ada disekitar lokasi ikut ambruk dan tertimpa ke pipa induk kami yang berdiameter 400 mm,” jelasnya.

Hadi pun menambahkan saat ini sedang tahap perbaikan dan berharap pendistribusian air dapat segera kembali normal.

“Ini lagi diupayakan secepatnya. Kendalanya tadi malam aksesoris yang berdiameter induk itu tidak tersedia. Sehingga kami sudah order dan lokasi pekerjaan cukup menyulitkan para pekerja. Insha Allah hari ini akan normal kembali,” jelasnya.

Sementara untuk pelayanan, semua jalur pengaliran tetap dibuka, namun terbatas.

“Hanya saja debit yang dioperasikan tidak mencukupi kebutuhan pelanggan. Alternatif yang kami lakukan menjelang selesai perbaikan dan kembali normal, hanya untuk pengisian pipa agar tidak kosong,” pungkasnya. (fs/ava)

Komentar