Rentan Tertular COVID-19, Balita dan Bumil Dapat Masker

Balikpapan, nomorsatukaltim.com –Tim gugus tugas menerima bantuan masker untuk balita dan ibu hamil. Dari pemerintah pusat. Jumlahnya 927 untuk balita dan 1.869 masker buat ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menernangkan hal tersebut berkaitan dengan antisipasi peningkatan grafik kasus positif COVID-19. Khususnya penanganan ibu hamil dan bayinya.

“Ini harus menjadi perhatian. Kenapa pusat sampai mengirimkan kita masker untuk balita dan ibu hamil. Berarti pusat sudah menganalisa bahwa ini akan muncul di daerah,” ujarnya, Selasa (15/9/2020).

Dia menjelaskan perbedaan antara masker khusus balita dan dewasa. Hanya sebatas ukurannya yang lebih kecil. Selain itu tidak ada yang istimewa. Fungsinya tetap sama. Untuk mencegah penyebaran wabah pandemi yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui cairan dalam mulut.

“Bapak (wali kota) tadi sudah memprogramkan untuk ibu hamil. Jadi kita melakukan perencanaan 14 hari taksiran sebelum melahirkan sudah rapid test,” ungkapnya.

Sampai Selasa (15/9), tim gugus tugas mencatat 13 kasus positif dikalangan ibu hamil. Sementara balita yang terkonfirmasi positif hingga pekan lalu ada 37 kasus. Sri juga menyebut pemkot sedang mendorong setiap rumah sakit membangun ruang persalinan khusus pasien positif.

“RSKD itu rumah sakit rujukan. Cuma yang lain seenaknya mengirim pasien. Sehingga ruang di RSKD sudah penuh,” ungkapnya.

Menurut Sri, saat ini sudah masuk era adaptasi kebiasaan baru. Sehingga mau tidak mau semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan juga harus berubah. Mengikuti aturan yang baru.

“Bukan cuma di kantor, bukan cuma di pasar, rapi rumah sakit juga harus bisa memaknai era kebiasan baru ini harus bisa menerima pasien COVID-19,” imbuhnya.

Sebelumnya Dokter Dio, sapaan akrabnya, juga menyebut akan berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit dan faskes khusus ibu dan anak untuk membahas pentingnya ruang khusus perawatan ibu hamil selama masa pandemi, dalam waktu dekat. (ryn/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar