Motivasi Lebih Baik Lagi

0


Momentum Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB, DISWAY – Syukuran Hari Jadi ke-67 Kabupaten Berau dan ke-210 Kota Tanjung Redeb, dilaksanakan sederhana di Halaman Kantor Pemkab Berau, Selasa (15/9).

Acara lancar dan tertib, meskipun diwarnai gerimis. Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, Asisten I Datu Kesuma, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Sultan Gunung Tabur Aji Bahrul Hadie, dan Sultan Sambaliung Datu Amiruddin. Selain itu, hadir juga Kapolres Berau AKBP Edhy Setyanto Erning Wibowo beserta Dandim 0902/TRD Lektol Inf. Fardin Wardhana.

Wakil Bupati Berau Agus Tantomo mengatakan, momentum hari jadi ini hendaknya dijadikan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk kembali mengisi dengan prestasi demi meraih cita-cita untuk masa depan yang lebih baik.

“Rasa cinta memiliki Kabupaten Berau dapat selalu ditanamkan di dalam dada, serta tercermin di dalam sikap dan keseharian. Sehingga harapan-harapan ini tidak hanya sebuah bentuk retorika, melainkan juga dalam implementasi di dunia nyata,” ujarnya.

Namun saat ini juga, Kabupaten Berau masih memiliki masalah tersendiri yang masih menyebarnya pandemik COVID-19 yang berdampak pada hampir semua kegiatan ke masyarakatan. Hal ini tentu menjadi kado yang tidak ideal bagi Kabupaten Berau.

Sehingga kata Dia, pemerintah dan tenaga kesehatan sangat membutuhkan dukungan dan solidaritas seluruh elemen masyarakat. Selain itu berbagai sektor juga mengalami pelemahan akibat dampak COVID-19. Bahkan klaster-klaster baru mulai bermunculan ketika kurva penyebaran pandemik di Berau mulai melandai

“Harus kita akui perayaan hari jadi tahun ini berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya akibat COVID-19. Acara tahun ini sederhana karena pandemik belum mereda,” terangnya.

Dirinya juga tidak lupa menyampaikan, bahwa Berau masuk dalam resesi ekonomi hal itu ditandai dengan berkurangnya pendapatan 2021 yakni hanya sekitar Rp 1,6 triliun saja.

“Karena disampaikan di KUA PPAS kemarin, anggaran kita hanya sekitar RP 1,5 atau 1,6 triliun saja. Ini angka terendah selama 8 tahun terakhir dan terancam roda pembangunan di Kabupaten Berau tidak selaju tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Di hari jadi itu juga, Agus Tantomo mengakui pihaknya masih belum mampu mengendalikan pandemik COVID-19. Untuk itu diharapkannya, kepada seluruh masyarakat dapat mendoakan kesembuhan pasien COVID yang saat ini dalam perawatan.

“Memang harus diakui, kami belum berhasil mengendalikannya. Selain itu, dirinya juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam menghadapi pandemik COVID-19 dengan disiplin menerapkan Prokes yang sudah diberikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb Asisten I Datu Kesuma mengatakan, sejatinya rangkaian hari jadi tahun ini dilanjutkan dengan sejumlah event keramaian, seperti Berau Expo, upacara hari jadi, sidang paripurna di DPRD hingga pesta manutung jukut atau bakar ikan di tepian Sungai Segah.

Namun untuk kali ini, semua rangkaian kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan alasan pandemik COVID-19 yang masih sangat mengkhawatirkan.

“Oleh karena itu, Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb dilaksanakan sangat sederhana, dengan tamu undangan terbatas karena tidak diperkenankan berkumpul terlalu banyak. Syukurannya ditandai dengan pemotongan tumpeng, setelah itu acara selesai,” terangnya.

Meski dilaksanakan sangat sederhana, dirinya berharap makna hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb agar semangat Kabupaten Berau tercinta dapat terus dilakukan.

“Tentu dengan semangat hari jadi ini memberikan semangat baru dalam berpartisipasi membangun dan menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Berau,” pungkasnya.*/ZZA/APP

Share this :

Leave A Reply