Masih Bandel Tak Pakai Masker, Sejumlah Warga Dihukum Sapu Jalan

0

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Pendisiplinan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 43 tahun 2020 tentang wajib menggunakan masker terus ditegakkan. Pasalnya, masih ditemukan warga yang tak memakai masker saat keluar rumah. Pun membawa masker namun tidak dipakai.

Seperti saat Satpol PP Samarinda beserta TNI-Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda melaksanakan penegakan disiplin, Rabu (16/9/2020) di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu.

TNI-POLRI, Dishub Kota Samarinda serta Satpol PP Kota Samarinda, pada pagi hari ini Rabu (16/9/2020) melakukan pendisplinan Perwali no 43 tahun 2020 tentang wajib menggunakan masker. Dalam pendisiplinan tersebut, masih banyak masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker. Ketika petugas memeriksa, rata-rata masyarakat ada yang membawa masker namun tidak dikenakan.

Ditemui secara langsung, Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol Erick Budi Santoso mengatakan, selain mengimbau kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan efek jera dengan cara membersihkan lingkungan sekitar dengan cara menyapu.

“Hari ini kita melakukan langkah kongkrit, untuk yang tidak menggunakan masker kita berhentikan dan kita berikan sanksi sosial berupa menyapu daun-daun kering. Kemudian kita berikan masker,” katanya kepada awak media, Rabu (16/9/2020) pagi.

Sanksi sosial ini pun rupanya memberikan efek jera. Rizal contohnya. Ia kedapatan petugas tidak menggunakan masker. Pemuda ini pun diberikan sanksi untuk menyapu jalanan. Usai menerima sanksi sosial yang diberikan, ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Tepian untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“(Sanksinya) bersih-bersih di daerah sini. Saya jera. Saya juga mengimbau untuk mengikuti protokol kesehatan untuk kesehatan kita bersama juga, terutama di Samarinda semakin parah COVIDnya,” imbuhnya.

Selain pendisiplinan perwali, para petugas pun melakukan pembagian masker kepada sejumlah pengendara yang melintas. (tor/zul)

Share this :

Leave A Reply