Koramil Sambaliung Siap Kawal Perbup

Danramil Sambaliung saat melakukan pembagian masker gratis di Kelurahan Sambaling, belum lama ini.(Ist)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Berau, diterbitkan Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2020. Tentang penerapan disiplin, dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Perbup itu mendapat dukungan penuh dari Koramil 0902-05/Sambaliung. Menurut Danramil 0902-05/Sambaliung, Kapten Arm Rustan Attas, bersama jajarannya siap mengawalnya.

Terutama, katanya, pelarangan kegiatan keramaian yang sifatnya mengumpulkan banyak orang. Tapi minim penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kepolisian juga sudah mengeluarkan kebijakan tidak akan mengeluarkan rekomendasi kegiatan keramaian. Kami selaku Danramil di wilayah Sambaliung terus berkoordinasi dengan Muspika Sambaliung. Dalam penerapan Perbup itu,” ujarnya, Selasa (15/9).

Ia mengaku pihaknya akan terus mendukung apapun kebijakan pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19 di Berau. Termasuk di Kecamatan Sambaliung yang menjadi wilayah teritorialnya.

Sebagai bentuk dukungan, bukan saja mengawal penerapan sanksi di lapangan. Juga membantu sosialisasi ke seluruh kampung di Sambaliung. Babinsa ia tugaskan menginformasikan terkait penindakan setelah perbup diterapkan pada Selasa (22/9) mendatang.

“Sosialisasi Perbup bukan dibebankan kepada pemerintah kabupaten saja. Tetapi seluruh lintas sektor. Harapannya menekan penularan pandemik COVID-19,” tandasnya.

Dikatakan, ada beberapa item yang sangat penting diterapkan oleh masyarakat. Yakni disiplin menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, tidak berkumpul dalam jumlah banyak, menyediakan pencuci tangan di halaman rumah, dan selalu membawa hand sanitizer.

Selain itu, tambahnya, tidak melakukan kegiatan yang mengundang orang banyak. Dirinya berharap, selama masa sosialisasi Perbup, masyarakat menjadi disiplin dalam menjalankan prokes COVID-19.

“Kalau mengumpulkan orang berlebihan cukup sulit untuk menerapkan prokes dengan baik dan benar. Jaga jarak misalnya. Makanya, sebelum diterapkan sudah diingatkan kepada masyarakat. Sebab Perbup dibuat demi kebaikan seluruh masyarakat Berau,” pungkasnya. (ZZA)

Tinggalkan Balasan