Wisma Atlet Kukar Ditetapkan Menjadi Rumah Sakit Darurat Khusus COVID-19

Kukar, nomorsatukaltim.com – Wisma Atlet Kutai Kartanegara naik status. Kini disahkan menjadi Rumah Sakit Darurat. Untuk menangani kasus dan mengisolasi pasien yang terpapar COVID-19.

Memang awalnya Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar), membidik dua tempat. Yakni di Kecamatan Kota Bangun dan Kecamatan Samboja. Namun yang lebih representatif dan memenuhi syarat, baru Wisma Atlet Kukar di Tenggarong Seberang.

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kukar, akan langsung di bawah pengawasan RSUD AM Parikesit dalam pengelolaannya. Akan berfokus pada perawatan pasien terpapar COVID-19, kategori tanpa gejala atau Asimptomatik.

Penetapan ini juga sejalan dengan terus bertambahnya jumlah kasus COVID-19 di Kukar. Secara signifikan, tanpa diiringi jumlah kasus kesembuhan. Apalagi Kukar masuk dalam 28 kabupaten/kota, yang beralih dari zona oranye menjadi zona merah.

“Jumlah kasus yang ditangani relatif (terus) bertambah,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono pada Disway Kaltim, Selasa (15/9/2020).

Dengan ditetapkannya sebagai rumah sakit darurat, pemerintah daerah bisa sedikit terbantu. Karena, biaya perawatan pasien selama diisolasi, akan ikut dibantu oleh pemerintah pusat.

“Selama ini kita gunakan pembiayaan dari APBD,” ujar Sunggono.

Sementara itu, Wakil Direktur RSUD AM Parikesit Kukar Mauritz Silalahi menyambut baik keputusan tersebut. Sebagai bentuk keabsahan rumah sakit darurat.

Berbicara adanya potensi penambahan jumlah kapasitas ruang isolasi atau karantina. Mauritz sebut akan melihat sumber daya tenaga kesehatan dan kesiapan ruangan isolasi di Wisma Atlet Kukar.

“Sumber daya untuk pemantauan pasien,” ujar Mauritz.

Penetapan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kukar, dituangkan pemerintah daerah. Melalui Surat Keputusan. Terkait penetapan rumah sakit darurat, dalam proses penanganan kasus COVID-19 di Kukar. Pada Senin (14/9/2020) kemarin. (mrf/ava)

Leave A Reply