Pasang Waterblock di Daerah Rawan Kecelakaan

0

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Satlantas Polresta Balikpapan memasang waterblock road barrier (pembatas jalan) di tikungan ‘S’ Jalan RE Martadinata, Kelurahan Mekar Sari, Selasa (15/9/2020). Hal ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan fatal serta sebagai kontrol lalu lintas.

“Situasi jalanan yang rawan di daerah tersebut selain karena tikungan yang menyerupai huruf S, tapi juga karena berada tepat di tanjakan. Hal itulah yang membuat area tersebut kami beri pembatas waterblock guna mencegah terulangnya kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi,” ungkap Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono SH SIK.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah membuat surat rekomendasi kepada dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, untuk pemasangan pita pengejut maupun kaca cembung lalu lintas (convex mirror) di kedua arah jalan. Agar para pengemudi lebih berhati-hati ketika melintas.

“Kami koordinasi dengan Dinas Perhubungan juga untuk melakukan analisa secara bersama, yang nantinya akan melengkapi sarana dan prasarana jalanan di daerah tersebut ke depannya, agar meminimalisasi lakalantas,” tandasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang berada maupun yang sering melintas di daerah RE Martadinata, baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat agar berhati-hati ketika berada di tikungan tersebut.

“Selain karena ruas jalan yang sempit, jangan sampai mengambil lajur arah berlawanan ketika mendahului kendaraan lainnya, karena membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” pungkasnya. (ers/zul)

Bagikan:

Leave A Reply