RSPB Gratiskan Uji Swab Tenaga Kesehatan Tahun 2020 Ini

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Khawatir tenaga kesehatan rentan terpapar COVID-19, Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) gratiskan biaya uji swab. Hal itu disampaikan Direktur RSPB M Noor Khairuddin.

Ia menyebut rumah sakit menyediakan pelayanan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) khusus untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Beriman. Sebab ada banyak temuan kasus positif dikalangan nakes.

Hal itu dikhawatirkan berlanjut penularannya kepada keluarga di rumah.  Apa lagi sejak embarkasi asrama haji di Batakan, Balikpapan Timur, mulai dialihfungsikan menjadi tempat isolasi, maka lokasi itu paling banyak dihuni para nakes yang terjangkit selama bertugas di rumah sakitnya masing-masing.

“Kontribusi RSPB dalam penangannya, maka setiap hari akan memfasilitasi tenaga kesehatan untuk pemeriksaan PCR,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan setiap harinya RSPB menyiapkan sepuluh slot. Untuk sepuluh nakes yang berniat memeriksakan dirinya melalui uji swab. Untuk mengatur waktu pelaksanaanya, Khairuddin menyebut sedang berkoordinasi dengan pihak diskes Balikpapan.  Melalui program itu, Khairuddin berharap angka kasus COVID-19 di Kota Minyak, khususnya di lingkungan tenaga medis dapat ditekan.

“Khususnya di lingkungan tenaga kesehatan yang secara teori memang paling tinggi paparannya terhadap virus corona,” imbuhnya. (ryn/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar