Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Berlangsung Dua Hari

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pemeriksaan kesehatan bakal calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Wakil Wali Kota Thohari Azis resmi dilaksanakan. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD).

Pemeriksaan kesehatan berlangsung selama dua hari, 14-15 September 2020. Lamanya waktu pemeriksaan sekitar 3-4 jam. Pemeriksaan kesehatan sendiri mulai pukul 09.30 wita. Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha menjelaskan pemeriksaan kesehatan sepenuhnya diserahkan kepada tim dokter RSKD Balikpapan.

“Pemeriksaan kesehatan merupakan rangkaian kumulatif yang wajib diikuti bakal paslon (pasangan calon). Kalau tidak memenuhi syarat ya berarti gagal dan harus dicarikan calon lain oleh partai pengusung,” katanya, saat membuka pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, Senin (14/9/2020).

Jumlah dokter yang terlibat cukup banyak. Mengingat pemeriksaan jasmani, rohani dan bebas narkoba.

“Paling lambat Kamis (17/9/2020) sudah bisa diketahui hasilnya. Kan tim dokter setelah dua hari pemeriksaan akan melakukan pleno,” ujarnya.

Ketua Tim Dokter Pemeriksa, dr Ma’ruf menjelaskan pemeriksaan kesehatan harus dijalani bakal paslon. Maka, RKSD akan melakukan pemeriksaan secara profesional, equal, dan sebaik-baiknya. Hari ini khusus pemeriksaan kesehatan fisik dan medik. Sedangkan hari kedua pemeriksaan psikologi.

“HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Provinsi juga dilibatkan,” terang dr Ma’ruf.

Untuk pelaksanaan pemeriksaan psikologi dilakukan besok (15/9/2020). “Jika tidak ada pemeriksaan tambahan, akan kami gelar rapat pleno Rabu,” sebutnya.

Persyaratan tambahan, sebut Zuhro Ma’ruf yakni bebas COVID-19, yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam pemeriksaan ini, Tim pelaksanaan pemeriksaan dipimpin dr Ariesanty Irawatie dan masing-masing bakal paslon didampingi perawat dan petugas untuk memandu. (fey/zul)

Komentar