Berlian Seukuran Telur Akan Dilelang Seharga Rp 450 miliar

0
IMG 20200914 WA0026
Berlian di Hong Kong ini akan dijual Rp 180 miliar-Rp 450 miliar. (IN)

Hong Kong, nomorsatukaltim.com – Salah satu berlian paling langka di dunia, seukuran sebuah telur atau permen lolipop besar, akan dilelang bulan depan. Berlian itu diperkirakan akan terjual dengan harga USD 12 juta-USD 30 juta atau setara Rp 180 miliar-Rp 450 miliar.

Perusahaan lelang Sotheby’s mengatakan pada Kamis (10/9), berlian itu adalah berlian putih dengan 102,39 karat tanpa cacat. Berlian tersebut merupakan berlian oval terbesar kedua di dunia. Yang ditawarkan dalam lelang. Berlian itu akan dijual dalam satu lot tanpa harga reservasi di Sotheby’s Hong Kong pada 5 Oktober 2020.

Berlian terbesar di dunia yang pernah dijual dalam lelang adalah berlian 118,28 karat dengan harga USD 30,8 juta (setara Rp 462 miliar). Berlian itu laku terjual pada 2013 lalu.

Pihak lelang mengatakan, hanya ada 7 berlian dengan lebih dari 100 karat seperti itu, yang terjual melalui lelang. Berlian dengan 100 karat lebih dikenal dalam perdagangan sebagai berlian warna D sempurna atau berlian putih tanpa cacat internal.

Dua berlian besar lainnya yang paling terkenal, yaitu Koh-i-Noor dan The Cullinan 1, yang merupakan milik Kerajaan Inggris. Ada di sebuah mahkota Kerjaan Inggris.

Sotheby’s menjelaskan, berlian seukuran telur itu dipotong dari butiran berlian kasar 271 karat, yang ditemukan di pertambangan Victor, Provinsi Ontario, Kanada, pada 2018. Batu berharga itu dipotong. Lalu dipoles selama lebih dari setahun.

“Semakin banyak orang memahami berlian ini usianya sudah miliaran tahun dan besarnya seukuran permen lolipop. Nilai investasi berlian ini setara dengan lukisan karya Rembrandt atau Basquiat,” kata Gary Schuler, ketua Perhiasan Dunia di Sotheby’s.

Rekor dunia untuk berlian atau perhiasan yang terjual dalam lelang dengan harga termahal terjadi pada 2017. Ketika itu, berlian warna merah jambu yang cerah 59,60 karat, laku terjual seharga USD 71,2 juta (setara Rp 1 triliun). Batu berharga itu dibeli oleh perusahaan perhiasan asal Hong Kong, Chow Tai Fook. (tmp/qn)

Share this :

Leave A Reply