UMKM Online Harus Melek Digital

0

Disperin Samarinda-BI Gelar Pelatihan Digitalisasi

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Dinas Perindustrian (Disperin) Samarinda menggelar pelatihan digitalisasi UMKM online dan offline. Dimulai sejak 12 hingga 15 September dengan menggandeng Bank Indonesia Perwakilan (BI Pwk) Kaltim.

“Pelatihan digitalisasi UMKM online dan offline tersebut diikuti 25 orang dari pelaku usaha kriya dan fashion setiap harinya. Bahkan kemungkinan tidak hanya diikuti 100 orang peserta dari Samarinda, tapi bisa saja diikuti seluruh UMKM di Indonesia karena melalui webinar,” kata Kepala Dinas Perindustrian Samarinda, Muhammad Faisal, Sabtu (12/9/2020) lalu.

Ia mengapresiasi BI Pwk Kaltim yang memberikan dukungan dalam kegiatan pelatihan ini. Adapun narasumber dari Jakarta yang dihadirkan di antaranya Darwis Triadi. Seorang fotografer glamor dan fashion senior Indonesia. Ia akan menyampaikan materi tentang foto produk menggunakan smartphone.

Kamudian, GM Fintech Telkom Indonesia Zuhedi Nur. Akan memberikan materi tentang onboarding QRIS UMKM, dan Made Yoga Sudharma, Kepala OJK Kaltim tentang akses pembiayaan UMKM. Faisal mengungkapkan pada saat pembukaan pelatihan, Deputi KPwBI Kaltim Yudhistira mengatakan tentang QRIS adalah sebuah solusi digitalisasi pembayaran UMKM.

Pada kesempatan itu juga Sekretaris Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin menyampaikan bahwa digital marketing adalah strategi tepat untuk UMKM apalagi di masa pandemi COVID-19. Sementara peserta pelatihan offline yang ada di ruangan bisa mengikuti langsung melalui layar LED yang sudah disiapkan di panggung. Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan praktik langsung.

Faisal mengungkapkan kegiatan pelatihan digitalisasi UMKM adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas-BBI) yang sudah di-launching oleh Presiden Jokowi dan telah dicanangkan Wali Kota Samarinda.

Wahyu Se’rachman, peserta yang juga designer fashion menyatakan sangat bangga dan senang bisa mengikuti pelatihan yang digelar Disperin Samarinda.

“Saya senang mendapat kesempatan bertemu langsung mas Darwis Triadi, biasanya hanya mengikuti pelajaran via online satu arah saja, sekarang tadi bisa langsung bertanya dalam sesi diskusi,” katanya.

Wahyu menambahkan, materi lainnya juga sangat menambah wawasannya sebagai pengusaha kecil. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut. (top/boy)

Bagikan:

Leave A Reply