Empat Korban Tewas di Tikungan “Rossi”, Warga Minta Rambu Peringatan

0

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Kecelakaan lalulintas (lakalantas) yang terjadi di Jalan RE Martadinata pada Kamis (10/9/2020) lalu menjadi perhatian masyarakat sekitar. Pasalnya tikungan yang disebut tikungan “Rossi” ini minim rambu dan tanda-tanda. Sehingga acapkali kecelakaan terjadi di tikungan ini.

Bahkan menurut warga sekitar, Beny Usman, di tikungan tersebut sudah ada kecelakaan lalulintas yang meregang empat nyawa pengendara, khususnya roda dua. “Itu jalan kan tikungan tajam, kalau anak muda yang bawa pasti maunya ngapsul (belok, Red.) kayak Rossi gitu. Kecelakaan sering di sini mas,” ujarnya.

Lanjut Beny Usman yang tinggal persis di depan tikungan tersebut, yakni RT 28 Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah, mengaku jika selama ini tidak ada rambu atau papan peringatan. Agar para pengendara dapat berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

“Enggak ada sama sekali, lihat aja itu, ada enggak? Makanya laju-laju kalau lewat sini,” jelasnya.

Bahkan jika malam hari, kawasan ini pun minim penerangan. Sehingga tak jarang bisa terjadi kecelakaan lalulintas. “Kalau malam lebih parah, gelap. Lampu enggak ada juga,” tambahnya.

Padahal lokasi tikungan “Rossi” ini sangat berdekatan dengan rumah salah satu pejabat utama Polda Kaltim yang bertugas di satuan lalulintas. Namun minimnya rambu menjadi penyebab tingginya kecelalaan lalulintas di lokasi ini.

Sementara itu, menanggapi permintaan warga agar segera diadakan rambu atau papan peringatan, Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono mengaku jika pihaknya akan segera mengajukannya kepada dinas terkait.

“Kita akan kaji dulu, dan jika memang harus ada maka kita akan ajukan ke Dishub (Dinas Perhubungan),” ujarnya.

Diakui Irawan, lokasi tikungan tersebut memang sangat rawan, sehingga ia meminta kepada para pengguna jalan agar dapat meningkatkan kewaspadaanya. Sehingga lakalantas di lokasi tersebut tidak terulang kembali. “Memang jika dilihat tikungannya cukup tajam dan masuk dalam blank spot ya,” jelasnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini kecelakaan lalulintas di tikungan ini kembali memakan korban. Di mana pengendara yang masih remaja meregang nyawa dan terseret usai melintasi tikungan “Rossi” tersebut. (Bom/zul)

Share this :

Leave A Reply