Lolos Tes Kesehatan

0

KOMISIONER KPU Kaltara menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon dari tim kesehatan di RSUD Tarakan, Jumat (11/9).(IST)

TANJUNG SELOR, DISWAY –
Tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah yang berakhir pada Kamis (10/9) lalu, hasilnya telah diserahkan tim kesehatan kepada KPU.

Hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, misalnya, telah diterima komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo, Jumat (11/9).

“Sudah disampaikan gambarannya,” ujar Teguh.
Dari gambaran umum yang disampaikan tim kesehatan, kata Teguh, tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mengikuti Pilgub Kaltara, semuanya memenuhi syarat.

“Kalau sudah itu final, insya Allah tidak ada perubahan. Tapi saya tidak bisa menyampaikan persisnya, karena isinya belum dibuka,” katanya.

Rencananya, KPU Kaltara akan menggelar rapat pleno hasil pemeriksaan kesehatan pada Minggu (13/9). KPU akan melibatkan Bawaslu dan liaison officer (LO) dari masing-masing bakal pasangan kepala daerah.

“Dalam pertemuan pleno itu, ada proses pendegelasian oleh paslon kepada LO, atau tim pemenanganan. Kalau sesuatu yang sifatnya paslon harus hadir, ya kita undang paslon,” ujarnya.

Dilansir Kayantara, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltara, dr Franky Soentoro mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi, juga diserahkan ke KPU Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Tana Tidung.

“Sebenarnya, semua harusnya ada 32 dokumen, baik calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati se-Kaltara. Tapi kurang satu orang dari Nunukan, karena belum terbebas dari COVID-19, yang merupakan syarat tes kesehatan dan psikologi,” ujarnya.

Dikatakan, bakal calon yang belum menjalani pemeriksaan kesehatan, akan menyusul setelah kembali menjalani tes swab dan dinyatakan negatif COVID-19. “Untuk satu calon yang tertinggal, kami sudah menyiapkan tim khusus yang melibatkan semua tim. Namun dalam jumlah yang kecil.

Mengenai jadwalnya kapan, setelah hasil swab apabila negatif,” ujar Franky. */ZUH/KYT/REY

Leave A Reply