Wisma Atlet Hampir Penuh, Kukar Bakal Buka Dua Rumah Sakit Darurat

0

Salah satu ruangan darurat di Wisma Atlet Kukar (Facebook Martina Yulianti)

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kasus COVID-19 belum kunjung berakhir. Semakin hari kasus di Kutai Kartanegara (Kukar) semakin bertambah. Tidak sebanding dengan angka kesembuhannya. Hal ini tentunya berdampak ke beberapa hal lainnya. Salah satunya, mulai penuhnya fasilitas perawatan untuk COVID-19.

Wisma Atlet Kukar contohnya. Kapasitas untuk 88 pasien. Sudah hampir terisi penuh. Yang merawat pasien terpapar COVID-19 dengan kategori tanpa gejala, atau asimptomatik. “Wisma sudah mau penuh,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti, Kamis (10/9/2020).

Untuk itu, saat ini pemerintah daerah sedang mempersiapkan rumah sakit darurat. Dua daerah sedang disurvey. Kecamatan Samboja dan Kecamatan Kota Bangun. Apalagi di dua kecamatan ini memiliki masing-masing rumah sakit. Yakni RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja, dan RSUD Dayaku Raja Kota Bangun.

“Rencana (pemanfaatan) sesegera mungkin, sedang disurvey,” lanjut Martina, lagi.

Tiap kecamatan yang ditunjuk, diupayakan dapat menyiapkan tempat perawatan, setidaknya masing-masing untuk 50 pasien. Nantinya akan berfungsi serupa seperti Wisma Atlet Kukar, yang ada di Tenggarong Seberang.

Diketahui, saat ini jumlah kasus COVID-19 terus bertambah. Pertanggal 10 September 2020 berjumlah 714 kasus. Bertambah sebanyak 20 kasus lagi. Dengan rincian 704 kasus baru dan 10 kasus re-infeksi. Sedangkan kasus kesembuhan bertambah 4 kasus, total 410 kasus.

Saat ini jumlah pasien yang sedang dirawat mencapai 291 kasus. Dengan jumlah 13 kasus yang meninggal dunia. (mrf/ava)

Share this :

Leave A Reply