Mencari Pengadil Muda

0

Pelatihan wasit bola voli di GOR Pemuda Tanjung Redeb, Rabu (9/9).(IST)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar pelatihan wasit. Untuk cabang olahraga bola voli dan soft tenis. Tujuannya, mencari pengadil atau wasit muda.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Keolahragaan Dispora, Effendi mengatakan, pelatihan dilaksanakan Senin hingga Kamis (6-10/9).

“Peserta wasit voli ada 20 orang dan soft tenis ada 10 orang. Tujuannya pengkaderan sekaligus rekrutmen di 9 kecamatan untuk wasit voli. Soft tenis hanya di Kecamatan Tanjung Redeb. Karena lapangannya hanya ada di Tanjung Redeb,” ujarnya, Rabu (9/9).

Dikatakan Effendi, jika setelah pelatihan selesai, peserta yang memiliki potensi tidak menutup kemungkinan akan diturunkan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021.

“Kalau mampu, bisa dipakai tenaganya di Popda. Bukan saja di Popda, akan kami minta membantu di Porprov, walaupun hanya sekadar hakim garis. Sekaligus belajar di lapangan karena masih baru,” jelasnya.

Diakuinya, wasit bola voli memang memerlukan regenerasi. Sebab wasit yang ada sekarang sudah tidak muda lagi. sehingga pengkaderan dan rekrutmen harus dilakukan.

Peserta pelatihan wasit harus tahu tentang permainan bola voli. Berbeda dengan soft tenis yang merupakan olahraga yang masih baru di Berau.
“Karena aturan dari wasit voli itu maksimal 50 tahun. Sebenarnya bisa saja ada wasit berusia di atas itu, asal memiliki kemampuan,” jelasnya.

Untuk materi, di hari pertama teori oleh instruktur, berikutnya melakukan praktik di lapangan. Dilaksanakan di GOR Pemuda Tanjung Redeb. (*)

Leave A Reply