Dinas Pertanian Akan Berdayakan Kelompok Tani se-Kubar

0
IMG 20200910 WA0058

Koordinator PPL se-Kubar pada Dinas Pertanian Kubar, Sugeng Widada SP (kiri) bersama PPL. (Imran / Nomorsatukalim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Belum bisa swasembada pangan petani di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), memang karena produktifitas petani di wilayah itu belum maksimal.

Padahal Kubar memerlukan sebanyak 19 ribu ton beras per-tahun, jika dicacah dengan jumlah penduduk Kubar yang mencapai 170 ribu jiwa saat ini.
“Jika dihitung, perjiwa membutuhkan 0,3 kilogram beras perhari. Hal itu harus membuat ekstra keras kerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) pada Dinas Pertanian untuk membina petani,” terang Koordinator PPL Dinas Pertanian Kubar, Sugeng Widada SP kepada Nomorsatukalim, Kamis (10/9) diruang kerjanya.

Dari luasan sawah dan ladang yang dikelola petani di Kubar ini, diperkirakan saat dilakukan panen mendatang, hanya bertahan untuk memenuhi kebutuhan 170 jiwa masyarakat Kubar selama 5 bulan.
“Kondisi ini memaksa Kubar harus mendatangkan beras dari luar daerah. Karena itu, saat ini kami menggalakkan PPL yang ada untuk gesit dalam penyuluhan pertanian,” ungkapnya.

Perlu diketahui saat ini di Kubar terdapat 1.077 kelompok tani. Yang sudah diakui pusat dan terdaftar sebanyak 775 kelompok tani.
“PPL pada Dinas Pertanian akan mengupayakan agar seluruh kelompok tani itu dapat diakui pusat. Selanjutnya akan diberikan penyuluhan menyeluruh tentang ilmu pertanian modern,” pungkas Sugeng Widada. (imy/sam)

Share this :

Leave A Reply