Ayo Vote! Taman Rozeline PPU Jadi Nominator Anugerah Pesona Indonesia 2020

0

Suasana Taman Rozeline Penajam. (IN)

PPU, nomorsatukaltim.com – Taman Rozeline di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API). Kategorinya Destinasi Kreatif Terpopuler 2020.

“Kementerian Pariwisata melalui programnya memberi ruang bagi daerah pemilik destinasi pariwisata untuk berpromosi,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PPU, Andi Israwati Latief, Rabu (9/9/2020).

Taman Rozeline diikutsertakan berdasarkan usulan ke pusat. Bersama Ekowisata Mangrove dan Objek Mentawir. Namun hanya Taman Rozeline yang lolos.

Sebelumnya, pada 2018 PPU pernah mendapatkan juara pertama di salah satu kategori API. Yaitu Sop Tekkalo. Dianugerahkan sebagai makanan tradisional terpopuler di Indonesia.

Harapan serupa bisa diraih Taman Rozeline. Taman Rozeline dibangun pada 2010 lalu. Idenya dari pemerintah daerah. Dengan konsep kreatif dan edukatif.

Di sini ada berbagai macam spot menarik. Tertata rapi. Berpadu antara unsur alam dan modern. Terdapat danau di area tengah. Terlintas jembatan kayu di atasnya. Serta berbagai wahana permainan anak.

Sejak berdirinya, taman ini kerap menjadi tujuan untuk berpiknik masyarakat. Hampir tiap hari. Sebelum pandemi COVID-19 tentunya.

Taman Rozeline bersaing dengan 9 destinasi lainnya dalam kategori yang sama. Melawan Bukit Cinta di Kabupaten Bone Bolango, Bukit Jipang di Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kasih Sayang di Kabupaten Banggai, Buttu Macca di Kabupaten Enrekang. Hutan Pinus Pengger di Kabupaten Bantul, Jembatan Rawa Karindangan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kampung Tridi di Kota Malang, Rumah Atsiri di Kabupaten Karanganyar, Rumah Pohon Waai di Kabupaten Maluku Tengah.

Dinilai, masuknya Taman Rozeline sebagai nominator API 2020 akan meningkatkan promosi pariwisata. Pun sebagai simbol dari kreativitas masyarakat kreatif di Benuo Taka.

Oleh karena itu masyarakat mesti mendukung. Dengan mengikuti voting melalui pesan singkat atau SMS. Dengan cara mengetik API 15J ke 99386.

“Promosi sudah gencar. Kami pasang baleho dan promosi via internet. Facebook, Instagram, dan lainnya. Karena ini perhitungannya melalui vote,” jelasnya.

Pemilihan ini telah dimulai pada 1 Agustus 2020. Siapapun juga bisa ikut serta. Menyumbangkan suara untuk objek wisata ini.

Selain melalui layanan pesan singkat (SMS), masih ada beberapa cara. Bisa melalui Instagram. Dengan mengikuti akun @APIaward. Atau lewat Youtube. Dengan mengikuti kanal APIaward. (rsy/ava)

Leave A Reply