Tak Semeriah Sebelumnya

0

Berau expo 2019 di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb dibuka Bupati Berau Muharram bersama Wakil Bupati Agus Tamtomo. Tahun ini, kegiatan ini tidak dilaksanakan.(Dok humas Pemkab Berau- )

Dipastikan Sepi

TANJUNG REDEB, DISWAY – Kegiatan keramaian tak akan dilaksanakan pada Hari Jadi ke-67 Berau tahun ini.Tak akan digelar ekspo seperti tahun sebelumnya.

Pun kegiatan seni dan olahraga yang bisa mengundang keramaian.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Masrani membenarkan hal itu. Menurutnya, peringatan hari jadi Berau kali ini berbeda dari sebelumnya.

Di tengah kondisi penyebaran virus Corona di Kabupaten Berau. Khususnya di Tanjung Redeb dan sekitarnya yang bertambah.
“Hampir dipastikan hari jadi Berau sepi kegiatan keramaian seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya, Selasa (8/9).

Selain itu, sejumlah rangkaian acara dalam memperingati hari jadi, seperti upacara, dan sidang paripurna di DPRD Berau juga ditiadakan.

“Tahun lalu kan hal itu dilakukan. Kini sepertinya tidak. Karena penyebaran COVID-19,” jelasnya.
Tetapi Masrani mengaku masih menunggu hasil rapat membahas hari jadi tersebut. “Nanti dilihat, kegiatan apa saja yang dibolehkan, dan apa yang tidak boleh dilaksanakan,” terangnya.

Perayaan hari jadi identik dengan keramaian dan dilaksanakan berbagai event. Yang sudah menjadi kebudayaan masyarakat Berau. Seperti pertunjukan kesenian daerah, expo, karnaval, bakar ikan, dan lomba perahu panjang di Sungai Segah.

Namun ditegaskan Masrani, tidak dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19. Apalagi banyak kasus konfirmasi yang bersumber dari transmisi lokal.

Dikatakan, pandemik COVID-19 tidak hanya berdampak pada peringatan hari jadi saja. Juga pada kunjungan objek wisata Berau. Sebab kata dia, masyarakat luar yang biasanya datang untuk menyaksikan hari jadi sekaligus berwisata. Sekarang tidak datang lagi. (*)

Share this :

Leave A Reply