Rumah Subsidi Paling Diminati

0
IMG 20200909 WA0024

Ketua Real Estate Indonesia Kalimantan Timur (REI Kaltim), Bagus Susetyo. (Ist)

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Ketua Real Estate Indonesia Kalimantan Timur (REI Kaltim), Bagus Susetyo menerangkan, rumah subsidi paling menarik perhatian dalam 2 tahun terakhir. Pasalnya, rumah tersebut tidak bergantung investasi.

“Artinya, kalau orang membeli harus ditempati. Jika tidak, akan berlaku bunga normal. Tidak subsidi lagi,” terangnya saat dihubungi Selasa (8/9).

Pembeli juga masih rutin melakukan perencanaan. Potensinya pun ditegaskan sangat baik. “Banyak orang yang masih menginginkan rumah untuk ditempati. Prospeknya tinggi. Meskipun sempat ada regulasi dan kuotanya terbatas,” ucapnya.

Ia menuturkan, potensi pergerakan sektor perumahan masih tinggi. Ada 174 bisnis ikutan bergerak di sektor tersebut.

“Bisa ada usaha alat berat, sembako, sewa alat. Dari ratusan bisnis itu, perputaran ekonomi juga bisa terjadi di perumahan,” jelasnya.

Disinggung pendaftaran anggota REI Kaltim di aplikasi SiKumbang, ia menegaskan, semua anggota organisasi yang dipimpinnya sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

“Jika tidak terdaftar di aplikasi tersebut, tidak bisa lakukan akad atau jual beli dengan pembeli,” jelasnya.

Dari dashboard management control PPDPP per 2 September 2020, REI merupakan asosiasi dengan anggota terbanyak yang telah mendaftarkan proyek perumahan ke aplikasi SiKumbang: sebesar 5.261 lokasi perumahan.

Posisi selanjutnya diikuti oleh Apersi sebanyak 3.111 lokasi dan Himperra sebanyak 1.277 lokasi. Kemudian, Apernas 462 lokasi, PI 379 lokasi, Apernas Jaya 269 lokasi, AB 138, PIN 98 lokasi, serta Asperi 79 lokasi.

Kemudian Perumnas 70 lokasi, Perwira Usaha 60 lokasi, Apperindo 52 lokasi, Asprumnas 49 lokasi, Asprin 22 lokasi, AP2ERSI 19 lokasi, Perkumpulan Apersi 11 lokasi, Perpesma 7 lokasi, Parsindo 6 lokasi, Apeppi 4 lokasi, dan Deprindo 1 lokasi. (nad/qn)

Share this :

Leave A Reply