Klaster Pertanahan Mulai Mendominasi

TANJUNG REDEB, DISWAY – Perkembangan kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Bumi Batiwakkal semakin memprihatinkan. Apalagi, dengan adanya Klaster Pertanahan yang terus bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, penambahan kasus kali ini kembali didominasi oleh klaster pertanahan. Bahkan, sejak satu pekan terakhir, klaster ini hampir rutin muncul di setiap rilis pasien terkonfirmasi.

Diakuinya, terus melakukan skirining terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi. Dari skirining yang dilakukan, didapati kembali 5 orang terkonfirmasi dari Klaster Pertanahan. Sehingga total pasien positif Klaster Pertanahan jadi 22 orang.

“Ini peningkatannya cukup pesat, dan saya kira masih akan bertambah,” ujarnya kepada Disway Berau, Selasa (8/9).

Adapun kelima orang tersebut adalah SN (43) warga Gunung Tabur dengan kode Berau-191, HS (17) domisili di Tanjung Redeb, dan selanjutnya disebut Berau-192.

Kemudian, EY (37) warga Tanjung Redeb juga klaster pertanahan dengan hasil PCR positif, disebut Berau-193. ML (54) juga warga Tanjung Redeb dengan hasil PCR positif, dengan kode Berau-194.

“Dan terakhir ada RN warga Tanjung Redeb, yang selanjutnya disebut Berau-195,” ungkapnya.
Tak berhenti disitu, pihaknya pun melakukan pemantauan kesehatan terhadap pegawai ataupun masyarakat yang sempat memiliki kontak dengan pasien terkonfirmasi.

“Ada tim kami yang selalu menghubungi dan menanyakan kesehatan para kontak erat itu,” katanya.
Selain klaster pertanahan, pihaknya juga menjaring pelaku perjalanan yang dinyatakan positif COVID-19. Dikatakannya ada 3 orang pelaku perjalanan dari daerah berbeda yang terpapar virus corona.

Orang pertama berinisial, YN (25) warga Tanjung Redeb, yang diketahui merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta. Dinyatakan positif, setelah yang bersangkutan diperiksa menggunakan TCM RSUD dr Abdul Rivai. YN selanjutnya disebut Berau-190.

Kemudian, HP (30) warga Teluk Bayur juga pelaku perjalanan dari Surabaya. Kemudian diperiksa dengan menggunakan PCR, dan hasilnya positif COVID-19. Selanjutnya disebut Berau-196.
Lanjutnya, MBP (20) berdomisili di Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya dengan hasil PCR positif. Dengan kode Berau-197.

Dengan demikian saat ini kasus positif COVID-19 di Berau berjumlah 197 kasus dan 86 kasus masih menjalani perawatan. Berdasarkan perkembangan kasus positif yang terus meluas, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan.
“Mari bersama-sama memutus rantai penyebarannya. Jangan abaikan protokol kesehatan,” pungkasnya.*/fst/app

Komentar