Waspada Simpan Sepeda, Empat Unit Digasak Pencuri dalam Sekali Aksi

0

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Masyarakat Balikpapan yang hobi bersepeda, harus lebih berhati-hati lagi dalam menaruh sepedanya. Pasalnya saat ini juga marak terjadi pencurian sepeda. Seperti salah seorang pelaku kejahatan pencurian sepeda yang baru saja tertangkap oleh Tim Crocodile Balikpapan Timur.

Adalah Imbran Syah (47), yang ditangkap pada Senin (7/9/2020) kemarin. Imbran dilaporkan telah mencuri empat sepeda milik warga RT 01 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur pada Kamis (3/9/2020) lalu sekitar pukul 06.30 wita.

Awal pengungkapan kasus tersebut bermula dari laporan korban bernama Suryani (32). Ia kehilangan sepeda merek BMX yang diparkir di depan teras rumahnya. Suryani saat itu bersama keluarganya memarkirkannya di teras usai bersepeda. Namun, beberapa saat ditinggal, sepedanya sudah hilang.

“Saya dan keluarga keluar rumah untuk bersepeda, yang memang sebelumnya sepeda biasa ditaruh di teras rumah tidak dalam keadaan tergembok atau terkunci. Saat kami keluar rumah lagi, sepeda tersebut sudah tidak ada di tempatnya,” ujar Suryani kepada petugas saat dimintai keterangan.

Di hari yang sama, rupanya warga sekitar rumah Suryani juga mengalami tindak pencurian yang sama. Yakni tiga sepeda warga lainnya juga hilang digasak pelaku. Sontak Suryani dan ibu-ibu sekitar geram dan melaporkan hal ini ke Polsek Balikpapan Timur.

“Jadi satu komplek ini ada empat sepeda yang dicuri pelaku. Dari empat sepeda itu ada satu sepeda mini untuk anak-anak,” ujar Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol FX Hartanta melalui Kanit Reskrim Iptu Mulyono, Selasa (8/9/2020).

Dari laporan tersebut, petugas pun melakukan penyelidikan dengan mendatangi lokasi kejadian. Dari hasil penyelidikan tersebut didapati ciri-ciri identitas pelaku. Petugas pun melakukan pengejaran dan akhirnya dapat ditangkap di kawasan Balikpapan Barat.

“Pelaku di wilayah Balikpapan Barat. Kami amankan dan interogasi di kantor,” jelasnya.

Dari hasil keterangan pelaku, usai mencuri ia menjual kepada seorang penadah bernama Ahmad Kodrat alias Kodrat (29) yang tinggal di kawasan Asrama Bukit, Balikpapan Barat. Petugas pun langsung menjemput Kodrat untuk diamankan ke Mapolsek Balikpapan Timur.

“Hasil curian dijual ke penadah, nah penadahnya juga sudah kami amankan. Dari empat sepeda, ada satu sepeda yang masih dalam pencarian,” tambahnya.

Disebut-sebut, total kerugian korban untuk masing-masing sepeda ditaksir sebesar Rp 2,7 juta. Pelaku dalam beraksi hanya seorang diri menggunakan sepeda motornya. Meski begitu, polisi masih melakukan pengembangan terkait aksi pelaku, apakah masih ada korban lain atau tidak.

“Masih kami dalami dan kembangkan lagi,” tutupnya. (Bom/zul)

Share this :

Leave A Reply