RSUD AM Parikesit Kukar Jadi Tempat Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2020

0

Dari Empat Daerah, Baru Tiga yang Terjadwal

Kukar, nomorsatukaltim.com – RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi tuan rumah untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Sebanyak empat daerah akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD AM Parikesit Kukar. Selain Kukar, ada Bontang, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), dan Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Berdasarkan jadwal tahapan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan pemeriksaan kesehatan dijadwalkan pada 4-11 September. Namun RSUD AM Parikesit Kukar baru memulai pada 7 September. Untuk Bontang, Mahulu dan Kubar. Sementara Kukar baru menjalankan tahapan pemeriksaan selepas perpanjangan masa pendaftaran.

“Rumah sakit sudah siap, jadwal sudah tersusun,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Dirut RSUD AM Parikesit Kukar Martina Yulianti pada Nomor Satu Kaltim, Selasa (8/9/2020).

RSUD AM Parikesit Kukar akan melaksanakan berbagai rangkaian tes kesehatan. Seperti tes swab tenggorokan atau polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan jasmani, rohani, dan narkotika. Sedangkan untuk tes psikologi, dilakukan di Gedung Assesment Center Kaltim di Samarinda. Setelahnya pleno hasil pemeriksaan, penyerahan hasil tes dan press release, dilakukan kembali di rumah sakit milik daerah Kukar tersebut.

Pemilihan RSUD AM Parikesit Kukar sebagai tempat pemeriksaan kesehatan Bapaslon yang akan maju di Pilkada 2020 bukan tanpa alasan. Rumah sakit ini masuk dalam kategori kelas B. Letaknya dekat dari ketiga daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak mendatang. Ditambah memiliki alat RT-PCR, untuk memeriksa status Bapaslon. Apakah terpapar COVID-19 atau tidak. (mrf/zul)

Share this :

Leave A Reply