Polnes Dukung Desa Wisata Kedang Ipil

0

Buatkan Aplikasi Pariwisata Genjot Promosi Pemasaran

IMG 20200908 WA0047

Majukan wisata Desa Kedang Ipil. Tampak Wardoyo (kiri) berasama tim saat memberikan pelatihan pada warga. (Topan/ Nomorsatukaltim.com)

Samarinda, Nomorsatukaltim.com, Desa Kedang Ipil, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) banyak menyimpan keunikan budaya adat warisan leluhurnya. Potensi objek wisata ini sayang untuk dilewatkan. 

Melihat adanya potensi tersebut, Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) ikut ambil peran. Yakni memberikan gagasan cemerlang yang inovatif. Satu diantaranya, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat. Yakni mengembangkan sistem aplikasi berbasis pariwisata bagi Desa Kedang Ipil. Berfungsi sebagai sarana administratif, promosi dan pemasaran di desa yang terkenal dengan keindahan alamnya ini.

Ketua Tim Pelaksana Polnes, Karyo Budi Utomo mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan cara meningkatkan peluang wisata dalam bidang digital. Sehingga, potensi pariwisata dapat terpublikasi secara apik. Alhasil, nantinya dapat dimanfaatkan oleh desa tersebut.

“Pelatihan dilaksanakan di Lamin Adat Desa Kedang Ipil. Peserta pelatihan sebanyak 12 orang. Berasal dari kelompok sadar wisata Dewi Karya (Kandua Raya) dan para staf desa. Tidak lupa para pemuda karang taruna desa,” ucap Karyo pada Nomorsatukaltim.

View this post on Instagram

Desa Kedang Ipil Kutai Kartanegara (Kukar) banyak menyimpan keunikan budaya adat warisan leluhurnya. Potensi objek wisata ini sayang untuk di lewatkan.  Melihat adanya potensi tersebut, Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) ikut ambil peran. Yakni memberikan gagasan cemerlang yang inovatif. Satu diantaranya, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat. Yakni Polnes mengembangkan sistem aplikasi basis Pariwisata bagi desa Kedang Ipil. Berfungsi sebagai sarana administratif, promosi dan pemasaran di desa yang terkenal dengan kecantikan eksotik keindahan alamnya ini. #news #newsupdate #breakingnews #samarindaterkini #samarinda #samarindaupdate #bontanghits #bontangterkini #balikpapanterkini #balikpapanupdate #covıd19 #newnormal2020 #pandemi #kedangipil #polnessamarinda #pelatihan #wisata #alam #2020

A post shared by nomorsatu kaltim (@nomorsatu_kaltim) on

Dia menambahkan, Kegiatan tersebut meliputi membangun aplikasi promosi desa wisata. Pelatihan pengoperasian website wisata, pelatihan image editing, pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan pelatihan penyusunan berita atau informasi.

“Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari. 2 hingga 3 september. Dan dilakukan secara boarding atau menginap,” pungkas pria ramah ini di dampingi timnya Tien Rahayu dan Muhammad Fauzan Noor.

Perlu diketahui potensi wisata Desa Kedang Ipil ini sedikitnya ada 4 tempat unggulan utama. Pertama Air Terjun Kedang Ipil. Jaraknya sekitar 72 km dari Tenggarong dan 59 km dari Kecamatan Kota Bangun.

Kemudian ada Air Terjun Bertingkat. Yakni berasal dari aliran Air Terjun Putang yang bertingkat 3 susun. Tinggi air terjunnya sekitar 5 meter dengan lebar sungai 10 meter. Bisa digunakan untuk olah raga arung jeram.

Selanjutnya ada Batu Datar. Pengunjung bisa melakukan lompatan dari atas batu menuju kolam Putri Selimbur.

Keempat yakni, keunikan adat istiadat dan budayanya.  Lebih jelasnya langsung klik websitenya di https://kedangipil.info (top/sam)

Share this :

Leave A Reply