Beredar Pesan Berantai Wilayah COVID-19 di Balikpapan, Diskes: Itu Hoaks

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com  – Beredar pesan berantai di aplikasi Whatsapp mengenai sebaran wilayah yang telah terindikasi COVID-19 di Balikpapan. Di pesan itu juga meminta masyarakat untuk menghindari wilayah-wilayah tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan yang juga juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan jika kabar tersebut tidaklah benar alias hoaks. Bahkan ia menyebut salah satu alamat yang dicantumkan dalam pesan itu merupakan alamat tempat tinggalnya.

“Itu tidak benar, hoaks lah ya. Di situ malah ada Orlando, itu alamat saya,” ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Lanjut Andi Sri Juliarty, masyarakat pun diminta tidak cepat percaya dengan pesan berantai yang belakangan banyak beredar informasi-informasi tentang COVID-19 ini. Ini dinilai dapat meresahkan masyarakat.

Beredar Pesan Berantai Wilayah COVID-19 di Balikpapan, Diskes: Itu Hoaks

Tangkapan layar pesan berantai di Whatsapp.

“Kami tidak tahu juga itu dari mana. Kalau dari kami berita itu adalah hoaks, karena tidak benar,” tambahnya.

Menurutnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan juga tidak pernah membagikan data secara detail terkait data pasien COVID-19. Termasuk alamat tempat tinggalnya selama ini. Pasalnya, data mengenai sebaran wilayah hanya bisa dipegang oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendampingi pasien isolasi mandiri.

“Kita memang men-klaster, tapi kita tak sedetail itu sampai ada per-RT. Itu hanya diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan saja,” jelasnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh masyarakat Balikpapan agar tidak mudah termakan isu atau berita yang sumbernya belum jelas dari mana asalnya.

“Kalau belum jelas sebaiknya tidak usah disebar-sebar. Hoaks malah itu jadinya ya,” tutupnya. (Bom/zul)

Komentar