Bansos Terencana Disalurkan Oktober

0


TANJUNG REDEB, DISWAY – Penyandang disabilitas dan veteran akan medapatkan bantuan sosial (bansos) terencana dari APBD Provinsi Kalimantan Timur. Rencananya akan diberikan Oktober 2020.
Pemberian bantuan tersebut telah berjalan sejak 2019. Penyalurannya kepada 8 veteran dan juga 85 penyandang disabilitas. Sedangkan usulan di 2020 sebanyak 8 veteran dan 135 disabilitas. Namun data itu akan diverifikasi kembali di provinsi.

Sekretaris Dinas Sosial Berau, Endin mengatakan, sekurang-kurangnya pemberian bantuan sebanyak Rp 3 juta per orang.

“Tapi data harus diverifikasi ketat. Karena pengalaman 2019, ada yang meninggal dan pindah, tapi tetap terdata sebagai penerima,” ujarnya kepada Disway Berau, Senin (7/9).

Bantuan sosial ini merupakan bantuan agar mampu mempertahankan hidup, melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dan melindungi kemungkinan dari risiko sosial dalam pemenuhan kesejahteraan.

Dikatakan, bansos diterima tidak tunai. Masing-masing penerima harus memiliki nomor rekening. Menurut Edwin, pemberian secara non tunai memang tidak mudah. Karena yang diberikan bantuan kadang kala lambat datang ke bank. Jadi mau tidak mau, pihaknya yang harus ke rumah penerima untuk membantu proses pencairan.

“Mereka kasihan juga, geraknya terbatas, ada juga yang tidak ada rekening. Tapi kebijakannya non tunai,” jelasnya. (RAP)

Share this :

Leave A Reply