Tiga Bapaslon Penuhi Syarat

0

TIGA bakal pasangan calon Pilgub Kaltara 2020 yang mendaftar ke KPU di hari terakhir, Minggu (6/9). (ZUHRIE/DISWAY KALTARA)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilgub Kaltara 2020, memilih mendaftar ke KPU di hari yang sama, Minggu (6/9). Yakni Zainal A. Paliwang-Yansen TP, Udin Hianggio-Undunsyah, dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Pasangan Zainal-Yansen menjadi kandidat yang pertama mendaftar. Pasangan dengan akronim ZIYAP ini, mendaftar sekira pukul 09.19 Wita, dengan didampingi pengurus partai pengusung dan pendukung, serta simpatisan. Zainal-Yansen kompak mengenakan kemeja putih dengan celana berwarna hitam.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas pencalonan dan calon, KPU Kaltara menyatakan bahwa berkas pencalonan dan calon pasangan ZIYAP, lengkap.
“Alhamdulillah pasangan calon Zainal-Yansen diterima dan lengkap (berkas pencalonan dan calon),” ujar Zainal dihadapan pendukungnya.

Pekan ini, kata Zainal, ia dan Yansen TP akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Pemprov Kaltara di Tarakan. “Mohon doa restunya. Semoga semuanya lancar dan sehat,” ujarnya.

Saat ditanya soal target untuk memenangkan Pilgub Kaltara, Zainal mengatakan, target kemenangan sampai 70 persen di semua daerah.
Usai pasangan ZIYAP meninggalkan KPU Kaltara, giliran pasangan Udin Hianggio-Undunsyah yang mendaftar. Udin-Undun juga didampingi pimpinan partai politik dan simpatisan. Berkas pencalonan dan calon pasangan Udin-Undun, juga dinyatakan lengkap.

Udin Hianggio mengatakan, dirinya bersama Undunsyah bertekad untuk maju bukan untuk sebuah kekuasaan, tapi untuk masyarakat Kaltara.

“Perjuangan kita sudah 7 tahun. Mudahan Allah SWT memudahkan jalan kami, mudahan apa yang menjadi harapan kita masyarakat Kaltara, Allah SWT bisa wujudkan,” ujar pria yang kini menjabat Wakil Gubernur Kaltara.
Setelah pasangan Udin-Undun, pasangan Irianto Lambrie-Irwan Sabri mendaftar sekira pukul 14.15 Wita. Setelah melalui pemeriksaan, berkas pencalonan dan calon pasangan dengan akronim IRAW ini, pun dinyatakan lengkap.

Kepada pewarta, Irianto mengatakan, pilkada adalah momentum terbaik bagi masyarakat untuk semakin dewasa dan matang dalam menyikapi pesta demokrasi. “Kepada calon lain, kita bersaudara. Mari kita saling menghargai dan menghormati dan mencegah konflik kontraproduktif, agar terjalin persaudaraan dan silaturahmi yang terus kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan, berkas ketiga pasangan calon yang mendaftar akan dilakukan verifikasi. “Sesuai verifikasi partai politik dan pembagian kursi dukungan, Pilgub Kaltara hanya akan diikuti 3 calon sementara ini. Mereka adalah yang mendaftar hari ini. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan,” ujar Suryanata.

Setelah tahapan pendaftaran yang dibuka sejak 5-6 September 2020, tahapan selanjutnya ketiga bakal pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Dengan jadwal 7-9 September 2020. */ZUH/REY

Share this :

Leave A Reply