Dua Kuota ke SKOI

Pengurus Cabor Persani berpose bersama usai melakukan rapat kerja bersama pengurus KONI Berau, beberapa waktu lalu. (DISWAY BERAU)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dua atlet Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Berau mendapat kesempatan. Untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) di Samarinda.

Ketua Persani Berau Del Herlina mengatakan, pihaknya mendapatkan dua kuota. Untuk putra tingkat pendidikan SMP kelas VII. Dan putri mulai kelas IV dan V sekolah dasar (SD).

“Penjaringan akan dilakukan tim seleksi yang dibentuk Persani Berau,” ujarnya, Minggu (6/9).

Pihaknya sudah menyampaikan ke sejumlah sekolah. “Penjaringan bekerja sama dengan guru olahraga SD dan SMP. Rencananya minggu depan seleksinya berakhir. Karena kami hanya diberi waktu dua minggu,” jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya ada 3 atlet senam Berau yang berlatih di SKOI. Namun ketiga atlet tersebut merupakan warga Samarinda. Kali ini, pihaknya ingin mengutus putra asli Berau.

Del Herlina menyebut, tidak ada tes khusus calon atlet yang diseleksi. Hanya, sehat jasmani dan rohani. Sementara untuk tes meliputi kemampuan fisik dan kelenturan badan. Seperti kayang, dan split.

“Kalau tes kecaboran tentu harus memiliki teknik dasar senam. Kelenturan tubuh, kayang, split dan roll. Di SKOI atlet yang terpilih akan kembali belajar dari awal,” jelasnya.

Proses seleksi, kata Del Herlina, tidak dilakukan langsung. Menghindari penularan COVID-19. Dilakukan dengan mengirim video calon atlet dari masing-masing sekolah ke tim seleksi. (*)

Komentar