Desa Bumi Harapan Siap Jadi Wilayah Model Pengembangangbiakan Ikan Air Tawar

Anggota DPRD PPU dapil Sepaku, Bijak Ilhamdani (tengah) bersama dengan anggota Pokdakan Karya Mandiri di area pengembangan sarpras kolam biofolk air tawar Desa Bumi Harapan. (Ist)

PPU, nomorsatukaltim.com – Desa Bumi Harapan, Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). Akan dijadikan model tempat pengembangangbiakan ikan air tawar terbaik.

Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Karya Mandiri milik Desa Bumi Harapan mendapatkan bantuan. Sarana dan prasarana budidaya ikan. Dari Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Bantuan dalam bentuk pembangunan paket sistem bioflok. Bangunan lengkap dengan 8 kolam ikannya. Serta benih ikan lele berjumlah  28.000 ekor.

Awalnya, Desa Bumi Harapan mengajukan bantuan ini. Proposal yang dikirimkan diterima. Saat ini pembangunan sarpras telah rampung.

“Tentu kami sangat bangga,” kata Anggota DPRD PPU daerah pilih Sepaku, Muhammad Binal Ilhamdani, Senin (7/9/2020).

Desa Bumi Harapan menjadi satu-satunya desa yang mendapat bantuan itu. Diharapkan desa ini mampu menjadi model. Menjadi percontohan desa lain untuk memajukan potensi wilayahnya.

“Dengan adanya bantuan ini bisa semakin memotivasi masyarakat di Sepaku juga,” lanjutnya.

Khususnya untuk Desa Bumi Harapan. Dapat terus berinovasi dan meningkatkan produktifitas. Apalagi dalam rangka penunjang ketahanan pangan di ibu kota negara (IKN) baru nantinya.

“Tentu ke depan kami di DPRD akan terus berupaya membuka link. Supaya perhatian serupa bisa di terima masyarakat PPU,” tegas Bijak.

Terpisah, Kepala Desa Bumi Harapan, Kastiyar menjelaskan potensi yang ada di daerahnya. Setidaknya ada 10 kelompok tani di desanya. Tapi hanya dua yang fokus ke budidaya ikan. Satu ikan air tawar, satu ikan air laut.

Ia juga termasuk anggota di Pokdakan Karya Mandiri. “Dari adanya bantuan ini, jelas bisa menambah peningkatan perekonomian masyarakat desa,” tegasnya.

Bumi Harapan merupakan wilayah yang strategis. Utamanya dalam pengembangan budidaya ikan. Antusiasmenya sangat tinggi. Pun dengan semangat anggota Pokdakan Karya Mandiri lainnya. Apalagi potensi ekonominya.

“Saya yakin kegiatan ini akan betul-betul meningkat. Kami optimis Desa Bumi Harapan ini akan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lainnya,” ucapnya.

Meski rencana pemindahan IKN ke Kaltim belum menunjukkan titik pasti lokasi. Namun Desa Bumi Harapan merupakan daerah yang paling sering dikunjungi terkait wacana itu. Termasuk Presiden Joko Widodo saat datang beberapa waktu lalu. (rsy/ava)

Tinggalkan Balasan