Residivis Diduga Mau Begal Pengendara Wanita

0

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Seorang pria berhasil diamankan jajaran Opsnal Polsek Balikpapan Barat, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 21.30 Wita. Pria tersebut kedapatan memiliki senjata tajam (sajam) jenis pisau dan masih didalami kepolisian. Pria yang diketahui bernama Anwar (27) rupanya merupakan seorang residivis.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Imam Tauhid. Setelah petugas melakukan interogasi terhadap pelaku, Anwar pernah melakukan tindakan kriminal pembunuhan seorang wanita hamil di Semoi, Penajam Paser Utara.

“Ya, pelaku saat di interogasi awal merupakan residivis pelaku pembunuhan seorang wanita hamil di TKP Semoi, Sepaku, Penajam Paser Utara pada tahun 2011 akhir,” ujarnya, Minggu (6/9/2020).

Lebih lanjut, pelaku saat melakukan aksi pembunuhan tersebut sempat melarikan diri ke Palu, Sulawesi Tengah hingga akhirnya setahun berikutnya berhasil diringkus.

“Sempat kabur ke Palu, dan tahun 2012 diamankan dan dijatuhi hukuman 18 tahun penjara. Dia jalani pidana di Teluk Bayur, Samarinda,” jelasnya.

Baru menjalani masa pidana 7 tahun, Anwar mendapat program asimilasi baru-baru ini, sehingga ia bisa menghirup kembali udara segar. Namun nyatanya, ia kembali berulah dengan membuntuti dua orang wanita berkendara. Aksi dia ini diduga mau melakukan pembegalan. Setelah diperiksa ternyata ia mengantongi sajam.

“Kemudian baru berjalan 7 tahun mendapat bebas asimilasi. Terus di sini dia buntuti cewek sepanjang jalan dan cewek ini takut. Pas diperiksa ternyata dia (Anwar) kantongi sajam,” tambah Kapolsek Balikpapan Barat.

Saat ini, petugas tengah melakukan pendalaman terhadap pelaku. Ada kemungkinan pelaku melakukan tindakan kejahatan lainnya atau bahkan sudah menimbulkan korban. Dengan ini, pelaku dijerat Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 tentang senjata tajam atau senjata penusuk.

“Sementara ini kami akan kembangkan terlebih dahulu pelakunya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Anwar membuntuti dua orang wanita berkendara di poros Jalan Letjend Suprapto pada Sabtu malam. Lantaran merasa curiga dan takut, kedua wanita tersebut berhenti di keramaian. Saat itu melintas petugas patroli Opsnal Polsek Balikpapan Barat dan merespon kekhawatiran kedua wanita itu. Petugas pun memeriksa Anwar dan benar saja didapati sajam yang diselipkan di kantongnya. (Bom/zul)

Leave A Reply