Baru Dua Bapaslon

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bulungan, Jumat (4/9), diawali pasangan Sigit Muryono-Markus Juk.
Sementara itu, di Kabupaten Tana Tidung (KTT) ada dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar di hari pertama. Yakni pasangan Markus-Hamzah dan Ibrahim Ali-Hendrik.

Sedangkan di Pilbup Nunukan, Malinau, dan Pilgub Kaltara, belum ada bakal pasangan calon yang mendaftar di hari pertama. Namun, informasinya hari ini akan ada bakal pasangan calon Pilbup Nunukan, Malinau, dan Pilgub Kaltara yang mendaftar. Termasuk bakal pasangan calon di Pilbup Bulungan dan Tana Tidung.

Terkait berkas pendaftaran Sigit Muryono-Markus Juk, Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani menyatakan bahwa berkas pendaftaran Sigit-Markus telah lengkap.

Sigit-Markus diusung empat partai politik, dengan keterwakilan 7 kursi di DPRD Bulungan. Sedangkan syarat maju Pilbup Bulungan melalui partai politik yaitu 5 kursi. “Syarat B.1-KWK juga telah terpenuhi,” ujar Lili Suryani.

Namun, lanjut Lili Suryani, bila dari pemeriksaan berkas bakal pasangan calon ada kekeliruan dan perlu dilakukan perbaikan, maka KPU akan memberikan waktu tiga hari untuk perbaikan. Yakni mulai 12-16 September.

Selanjutnya, bila berkas bakal pasangan calon memenuhi syarat secara menyeluruh, akan mendapatkan tanda terima dari KPU Bulungan dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan di RSUD Provinsi Kaltara di Kota Tarakan pada 7-10 September.

Untuk diketahui, selain pasangan Sigit-Markus, bakal pasangan calon yang telah mendapat kendaraan politik menuju Pilbup Bulungan, yaitu Najamuddin-Ari Yusnita, Joko Susilo-Kosmas Kajan, dan Syarwani-Ingkong Ala.

Sementara itu, Ketua KPU Tana Tidung, Hendra Wahyudhi juga mengakui bahwa syarat pencalonan maupun syarat calon pasangan Markus-Hamzah dan Ibrahim Ali-Hendrik sudah lengkap.

“Nanti lanjut ke penelitian administrasi dan lanjut pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Di kabupaten bungsu itu, selain pasangan Ibrahim Ali-Hendrik dan Markus-Hamzah, juga ada pasangan independent yaitu Sofian Raga-Juid, serta pasangan Umi Suhartini-Herman yang maju lewat jalur partai politik atau gabungan partai politik.

Untuk pasangan Sofian Raga-Juid, direncanakan mendaftar pada Minggu (6/9), dan pasangan Umi Suhartini-Herman direncanakan hari ini.
Secara terpisah, Ketua KPU Nunukan, Rahman mengatakan, pada hari pertama dibukannya pendaftaran bakal pasangan calon Pilbup Nunukan, belum ada yang mendaftar.

“Informasinya Sabtu (5/9) baru ada. Yaitu pasangan Danni Iskandar-Muhammad Nasir,” ujar Rahman, dilansir Kayantara.

Sementara itu, pasangan Asmin Laura Hafid-Hanafiah, akan mendaftar pada Minggu (6/9), atau hari terakhir pendaftaran. “Sebenarnya, kita sudah siap semua. Mulai dari keamanan dari aparat kepolisian hingga memantapkan penerapan protokol kesehatan. Bahkan, kita juga menyiapkan ruang khusus para calon untuk menggelar konferensi pers ke awak media,” ujarnya.

Dikatakan, saat pendaftaran nanti, selain bakal pasangan calon, pihaknya hanya memperbolehkan ketua dan sekretaris dari masing-masing partai pengusung, serta tim penghubung atau LO. Termasuk 15 orang dari pihak keluarga dan tim pemenangan. Sehingga, total keseluruhan dari setiap paslon yang diperbolehkan masuk dalam ruangan pendaftaran berjumlah 30 orang.

“Kapasitas ruang pendaftaran pasangan bakal calon yang kita miliki 100 orang. Tapi karena masih dalam situasi COVID-19, kita batasi dan memperketat protokol kesehatan,” ujarnya. */ZUH/KYT/REY

Leave A Reply