Lagi, Pasien RSUD Terkonfirmasi Positif

Foto int

Tanjung Redeb, Disway – Kedua kalinya, pasien di RSUD dr Abdul Rivai ada terkonfirmasi positif COVID-19, setelah menjalani perawatan sejak 2 September. Pasien sempat dirawat bukan di ruang isolasi COVID-19, melainkan Flamboyan.

Meski terkonfirmasi, pasien belum dirilis oleh Dinas Kesehatan pada Jumat (4/9) kemarin.

Direktur RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb, Nurmin Baso menyebut, pasien berinisial MR, dan masuk rumah sakit dengan diagnosa mengalami radang pada paru-paru.

Saat datang ke RSUD, pihaknya melakukan scrining terlebih dahulu. Sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. Dengan melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Jadi memang awal masuk, pasien itu diminta untuk mengisi lembar scrining terlebih dahulu. Dan hasil rapidnya non-reaktif,” ujarnya kepada Disway Berau, Jumat (4/9).

Melihat kondisi pasien yang memiliki radang paru, pihaknya memutuskan untuk mengisolasinya di Ruang Flamboyan. Dan selanjutnya dilakukan swab test.

“Jadi sudah kami isolasi dulu sebelum ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi,” katanya.

Untuk diketahui, setiap ruang perawatan terdapat ruang isolasi khusus. Meski bukan ruang isolasi COVID-19.

Dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya juga telah melakukan tracing kepada tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. Dan diyakinkannya, bahwa nakes RSUD bekerja selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Mereka pakai APD level 2, dan dipastikan tidak termasuk kontak erat pasien,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, kasus tersebut akan dirilis besok (hari ini).

“Ada data yang masih belum lengkap. Jadi ditunda rilisnya,” katanya.

Kejadian pasien dirawat bukan di ruang khusus COVID-19, merupakan kedua kalinya. Kasus pertama pada Agustus lalu, di mana pasien dengan diagnosa awal Demam Berdarah, ternyata COVID-19. Itu merupakan Berau-112 dari klaster Gang Jeruk.*/FST/APP

Komentar