Hari Pertama, Dua Pasangan Balon Mendaftar ke KPU Mahulu

0

Jajaran petinggi KPU Mahulu saat menerima bakal calon yang mendaftar. (Imran/ Disway Kaltim)

Ujoh Bilang, nomorsatukaltim.com –  Di hari pertama pembukaan pendaftaran kandidat Pilkada Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu)  tahun 2020. Terdapat dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar. Jumat (4/9).

Pada paginya, pasangan balon Bonifasius Belawan  Geh dan Balon Yohanes Avun (Boni-Avun) datang ke KPU Mahulu sejak pukul 09.00 Wita menyerahkan berkas pendaftaran.

Kemudian masih di hari yang sama, sekitar pukul 13.30, pasangan balon Yohanes Juan Jenau bersama Indra Jaya, juga datang mendaftar ke KPU Mahulu.

Juan Jenau-Indra Jaya mendaftar dan menyerahkan berkas guna mengikuti Pilkada Mahulu 2020. Selanjutnya  akan diverifikasi oleh KPU Mahulu.

“Pendaftaran dan penyerahan berkas dibuka sejak tanggal 4-6 September. Pada 7-11 September berkas diverifikasi, 12 September pengumuman penetapan  bakal calon menjadi calon,” kata Ketua KPU Mahulu, Frederik Melawen.

Sekitar 2 jam berkas balon Boni-Avun diperiksa dan diteliti oleh KPU. Dan dinyatakan lengkap, tidak ada yang kurang sesuai persyaratan.

“Semua persyaratan didalam berkas  Boni-Avun lengkap, dapat diterima,” ucap  Frederik.

Sedangkan berkas persyaratan dalam pendaftaran pasangan balon Juan Jenau-Indra Jaya, setelah diperiksa dan diteliti, ternyata belum lengkap. Sehingga dikembalikan.

Pasangan balon Juan Jenau dan Indra Jaya menyatakan menerima dan memahami serta bersedia melengkapi berkas yang kurang.  KPU memberi waktu masa perbaikan  melengkapi berkas hingga 6 September, pukul 00.00 Wita.

Sebenarnya, sebelum pendaftaran dibuka, KPU telah mengimbau para partai politik agar melakukan pendaftaran di awal masa buka.

“Agar parpol pengusung pasangan balon dapat memperbaiki atau melengkapi jika ada berkas yang kurang,” tandas Frederik Melawen.(imy/ava)

Share this :

Leave A Reply