Pengumuman Lengkap, Bacalon PDIP Diinstruksikan Mendaftar Hari Ini

0

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Bakal calon (Bacalon) kepala daerah usungan PDIP lengkap. Untuk 9 kabupaten/kota yang menggelar pilkada di Kaltim. Setelah bacalon untuk empat daerah diumumkan. Samarinda, Paser, Mahulu dan Berau.

Ketua DPD PDIP Kaltim, Irjen Pol (Purn) Safaruddin mengatakan, usungan nama-nama itu keluar rekomendasinya oleh DPP PDIP, Rabu (2/9/2020) malam. Usai pengumuman bacalon usungan tahap 5 partai tersebut.

“Iya. Setelah pengumuman (tahap 5), baru keluar. Tidak sempat diumumkan. Sudah lengkap semua. Sembilan daerah,” katanya.

Safaruddin berpesan ke seluruh kader PDIP. Bila sebelumnya ada perbedaan pilihan dukungan di internal PDIP, misalnya. Maka, dengan keluarnya rekomendasi usungan bacalon dari DPP, kader diwajibkan untuk patuh pada rekomendasi tersebut.

“Sebelumnya terbit, ada perbedaan. Wajar, namanya demokrasi. Tetapi setelah keluar surat keputusan rekomendasi dari DPP, itu wajib hukumnya untuk mengamankan rekomendasi DPP PDIP,” tegasnya.

Di antara sembilan daerah itu, ada satu usungan bacalon yang berubah, yaitu Paser. Sebelumnya, pada pengumuman usungan bacalon PDIP tahap 1, di Kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Februari lalu, partai ini mengusung pasangan Fahmi Fadli-Sulaiman Eva Merukh.

Namun ada perubahan. Sebab, Fahmi telah berpasangan dengan Syarifah Masitah. Diusung Golkar.

“Di Paser berubah. Sulaiman Eva Merukh dan pak Ikhwan,” kata Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis.

Oleh PDIP, lanjut anggota DPRD Kaltim itu, seluruh pasangan bacalon usungan tersebut, diinstruksikan mendaftar ke KPU pada Jumat (4/9/2020).

“Instruksinya Jumat, mendaftar. Itu nasional (untuk PDIP),” tambahnya.

Di Kaltim, ada satu daerah yang kemungkinan tak bisa mendaftar pada Jumat. Dikarenakan masih harus melengkapi berkas di DPP.

“Yaitu Paser. Kemungkinan baru bisa (mendaftar) Minggu,” tutupnya. (sah/zul)

Bacalon Usungan PDIP untuk 9 Daerah di Kaltim:

Samarinda: Andi Harun-Rusmadi Wongso
Balikpapan: Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz
Bontang: Adi Darma-Basri Rase
Paser: Sulaiman Eva Merukh-Ikhwan Wirawan
Kubar: FX Yapan-Edyanto Arkan
Kutim: Mahyunadi-Lulu Kinsu
Berau: Seri Marawiyah-Agus Tamtomo
Kukar: Edi Damansyah-Rendi Solihin
Mahulu: Juan Jenau-Indra Jaya

Share this :

Leave A Reply