Tiga Parpol Terbanyak Usung Kader

0

TANJUNG SELOR, DISWAY – Perebutan kursi kepala daerah di Kalimantan Utara pada tahun ini, didominasi tiga partai politik (parpol). Yakni Demokrat, PDIP dan Hanura.

Demokrat mengusung 4 kadernya untuk maju di pesta demokrasi kali ini. Di Pilgub Kaltara yaitu Bupati Malinau Yansen Tipa Padan, yang menjadi wakil mantan Wakapolda Kaltara, Brigjen Zainal A. Paliwang.

Di Pilkada Bulungan, Demokrat mengusung Najamuddin. Di Pilkada Nunukan, ada Danni Iskandar. Sedangkan di Pilkada Malinau, Demokrat mengusung Wempi W. Mawa. Ketiganya merupakan ketua DPC Demokrat di masing-masing daerah. Dan, maju sebagai bakal calon bupati.

Bahkan, pasangan Irianto Lambrie maju di Pilgub Kaltara, juga merupakan kader Demokrat, yang duduk sebagai wakil ketua DPRD Nunukan, Irwan Sabri. Namun, Irwan Sabri bukan merupakan kader yang diusung partai berlambang bintang mercy itu.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltara, Muddain, banyaknya kader yang diusung maju pada Pilkada Serentak 2020, karena melihat elektabilitas. “Saat ini, merekalah kader terbaik dari Demokrat,” ujarnya, Rabu (2/9).

Target kemenangan pun, dipatok partai politik yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono itu. Bukan saja sebagai persiapan menuju Pemilu 2024 mendatang. Namun, juga bentuk kaderisasi menjadi calon kepala daerah di Kaltara.

“Kami sangat optimis. Demokrat siap menjadi partai yang menerbitkan pemimpin masa depan untuk Kaltara,” ujar Muddain.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, juga mengusung ketua DPC untuk bertarung di daerah masing-masing. Termasuk Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltara, Jhonny Laing Impang yang maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada Malinau.

Selain Jhonny Laing Impang, kader PDI Perjuangan yang maju di Pilkada Serentak, yaitu Markus Juk yang maju di Pilbup Bulungan sebagai pasangan Sigit Muryono. Kader partai berlambang banteng moncong putih lainnya yang diusung, yaitu Markus Yungking, yang juga maju sebagai bakal calon bupati di Pilbup Tana Tidung.

“Selain kader sendiri yang maju, PDIP juga berkoalisi dengan partai lain untuk mendukung sejumlah calon di luar partai,” ujar Jhonny Laing Impang.

Untuk bisa mencapai target sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020, ia mengaku mesin partai mulai digerakan. Sebab, pihaknya pun mematok target menang pada setiap pilkada di provinsi ke-34 ini.

Sedangkan Hanura, mengusung kadernya di Pilkada Nunukan, Bulungan, dan Tana Tidung. Di Nunukan, ada petahana. Yakni Asmin Laura Hafid. Di Bulungan, juga merupakan petahana, yakni Ketua DPD Partai Hanura Kaltara, Ingkong Ala. Sementara itu, di Tana Tidung Hanura mengusung Hendrik, yang merupakan ketua DPC Hanura Tana Tidung.

“Kami sangat optimis Hanura menang di Pilkada Serentak di Kaltara. Karena dari hasil survei yang sudah dilakukan, figur-figur kami berpengalaman,” ujar Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Hanura Kaltara, Viktor.

Sementara itu, partai politik lain yang mengusung kadernya maju di Pilkada Serentak 2020 di provinsi ke-34 ini, ada yang dua, dan ada yang hanya 1 kader. Golkar, misalnya, mengusung dua kadernya. Yaitu Syarwani di Pilkada Bulungan dan Martin Labo di Pilkada Malinau. *

Share this :

Leave A Reply