SMAN Pertama di Desa Benua Puhun, Siap Cetak Generasi Emas

SMAN Pertama di Desa Benua Puhun, Siap Cetak Generasi Emas
Kepala Desa Benua Puhun, H Ardinansyah dikenal gigih. Terlihat, dari perjuangannya dalam membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) Pertama di Benua Puhun. (Istimewa)

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman, Kukar berencana mendirikan sekolah negeri. Sebagai bentuk kontribusi terhadap dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Di desa ini hanya memiliki sekolah dasar. Sementara Sekolah Menengah Pertama (SMP), hanya ada di kecamatan. Jarak tempuh antara sekolah dan rumah siswa sangat jauh. Dan memerlukan biaya estra. Sementara penghasilan petani atau nelayan sangat terbatas.

Berangkat dari kondisi tersebut Kepala Desa Benua Puhun, H Ardinansyah yang akrab disapa Haji Nan, berencana membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2. Sehingga desa tetangganya juga dapat menikmati sekolah yang murah dan dekat. Setelah serangkaian lobi dengan sejumlah pihak belum berbuah maksimal. Seperti Pemkab Kukar, hingga DPRD. Namun, dari perjuangan tak kenal lelah, akhirnya Kaltim memperoleh bantuan sekolah dari kementrian pendidikan. Tiga sekolah di kabupaten siap dibangun. Salah satunya di Desa Benua Puhun. “Inilah adalah sejarah hidup,” kata H Nan. “Saya menjadi Kades kedua kalinya dengan memperoleh suara seribu lebih artinya kepercayaan masyarakat terhadap saya masih tinggi atau lebih dari 90 persen. Tentunya amanah ini saya jaga dengan baik. Dan membuat terobsosan-terobosan untuk kemajuan desa yang saya pimpin,” imbuhnya.

Ditambahkannya dalam waktu dekat SMA N 2 akan diresmikan oleh Bupati Kutai Kartanegara H Edi Damansyah. Haji Nan sendiri bukan orang sembarangan. Pada 2019 lalu ia bahkan sempat diminta untuk menjadi calon legislative (caleg) dari Golkar di dapil 3, zona muara Kaman, Sebulu dan Tenggarong Seberang. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan aspirasi masyarakat untuk lebih sejahtera. “Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak dari sekarang kapan lagi,” tandasnya. (top/boy)

Komentar