Pilkada Bontang, Berkarya Pilih Merapat ke Neni-Joni

0

BONTANG, Nomorsatukaltim.com — Teka-teki pilihan Partai Berkarya di Pilkada Bontang tahun ini terpecahkan. Partai berlambang pohon beringin ini memilih merapat ke pasangan Neni Moerniaeni dan Joni Muslim.

Sedari awal, Berkarya sudah memberi sinyal bergabung di barisan gemuk Neni-Joni. Sebelumnya, sudah 12 partai yang menyatakan dukungan. Partai Berkarya menggenapkannya menjadi 13 partai. Sementara kubu Adi Darma-Basri Rase hanya dua partai pengusung saja.

Keputusan ini disampaikan, sekaligus dideklarasikan, Kamis (3/9/2020) di Kantor Sekretariat DPD Berkarya. Neni-Joni dihadirkan, lengkap dengan barisan pendukungnya yang menyaksikan penyerahan SK dukungan.

Di balik penyerahan itu ternyata ada drama politiknya. Sebelum dukungan diberikan, Ketua DPD Berkarya Bontang, Abdul Hakim gencar lobi-lobi. Beberapa kali pertemuan batal. Belum ada kesepakatan satu sama lain. Bahkan, Berkarya ultimatum sampai 25 Agustus lalu.

Jika belum deal, bakalan beralih ke Adi-Basri. Namun, kesepakatan tetap terjalin. Hasil negosiasi politik final mendukung Neni-Joni.

“Saya langsung minta DPP Berkarya kirimkan SK (Surat Keputusan) dukungan,” ujar Abdul Hakim.

Meski modal kursi DPRD paling sedikit, tapi Berkarya getol memantaskan diri, dan akhirnya takluk. Neni-Joni tetap memberi ruang politik bagi Berkarya. (Wal/zul)

Share this :

Leave A Reply