Perhatian Serius untuk Pulau Terluar

BUPATI Berau Muharram menyerahkan cenderamata kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di sela kunjungan kerja di Maratua kemarin.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menegaskan, bahwa kementeriannya memberikan perhatian serius terhadap pulau terluar. Hal ini lah yang merupakan salah satu maksud kunjungan kerja ke Pulau Maratua. Untuk melihat secara langsung kondisi yang ada di Maratua sebagai beranda terdepan negara Indonesia.

Disampaikan Edhy, bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian atas pembangunan yang ada di pulau terluar. Dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Sehingga pemenuhan kebutuhan yang ada di Maratua akan diwujudkan untuk mendukung program ini.

“Akan kami lakukan penguatan sekaligus pengawasan di sini. Saat ini saya datang bersama seluruh Dirjen yang ada di KKP. Apa saja yang perlu dipenuhi akan didata dan diprogramkan untuk pemenuhannya,” tegasnya.

Dalam pembangunan perbatasan ini, mencakup beberapa sector, salah satunya penguatan ekonomi. Ia menyampaikan bahwa peningkatan ekonomi di masyarakat melalui hasil perikanan harus ditingkatkan. Kementerian pun mengarahkan agar pengembangan perikanan ini bisa ditingkatkan dalam hal budidaya.

“Seperti budidaya udang paname yang potensi sangat besar. Dari hasil 1 hektare itu bisa mencapai puluhan ton dengan pendapatan ratusan juta. Kementerian siap memberikan pendampingan dalam peningkatan SDM untuk pengolahan tambak udang paname ini,” jelasnya.

Selain itu, dalam hal pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Kementerian juga telah mengeluarkan 11 perizinan resort. Dengan kemudahan perizinan ini diharapkan pertumbuhan sektor pariwisata bisa meningkat.

Sementara Bupati Berau, Muharram memberikan apresiasi atas perhatian yang telah diberikan oleh kementerian ini. Tentu kehadiran Menteri Edhy ke Maratua memberikan hasil yang positif dalam pembangunan daerah. Apalagi potensi perikanan di Berau sangat besar.

“Wilayah Berau itu terdiri dari 2/3 perairan. Tentu ini harus dimaksimalkan lagi. Saya juga harapkan agar kementerian bisa meningkatkan pengawasan khususnya di Maratua ini sebagai daerah perbatasan,” pungkasnya. HUMAS/APP

Komentar