AAPA dan YWA Gelar Apel Siaga Cegah Karhutla

0

Apel siaga pencegahan karhutla dilaksanakan PT AAPA, PT YWA, dan Muspika Kelay serta perwakilan KTPA.(Ist)

TANJUNG REDEB, DISWAY – PT Anugerah Agung Prima Abadi (AAPA) dan PT Yudha Wahana Abadi (YWA) melaksanakan apel siaga. Sekaligus sosialisasi dan simulasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Kelay, Rabu (2/9). Dihadiri perwakilan Camat Kelay Mursalin, Kepala Kampung Muara Lesan Nanang, Sekretaris Desa Kampung Merapun Daud Simin. Hadir juga perwakilan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dari Kampung Merapun, dan Kampung Muara Lesan, serta perwakilan Kampung Merabu.

Sosialisasi dan simulasi melibatkan perwakilan PT YWA Sastri H Togatorop, Mill Manager YWA Mustamin, Estate Manager AAPA Sukardi, dan Mill Manager AAPA M Al Hafizh.

Direktur Utama YWA, Joko Minto Cahyono mengatakan, pihaknya mensosialisasikan dampak dan bahaya karhutla dan bagaimana penanggulangannya ketika terjadi.

Selain sosialisasi dan simulasi, kedua perusahaan itu juga memberikan bantuan sarana dan prasarana pencegahan karhutla. Berupa mesin alkon, selang spiral, selang pemadam dan nozzle. Diberikan kepada dua kampung binaan. Kampung Muara Lesan dan Kampung Merapun.

“Komitmen kami mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan Karhutla di tengah pandemik COVID-19. Makanya YWA dan AAPA mempersiapkan Tim Satgas Karhutla. Membekali dengan pelatihan pencegahan bencana kebakaran,” tuturnya

Senior Estate Manager YWA, Karina Sembiring menambahkan, apel siaga bertujuan mempersiapkan Tim Satgas Pencegahan Karhutla AAPA dan YWA untuk lebih siaga. Dalam mencegah dan menangani bencana.

“Pelatihan dan pembekalan diberikan agar ketika ada karhutla cepat merespons. Mengantisipasi tidak menyebar. Simulasi harus dilakukan agar Satgas yang dibentuk lebih siaga dan siap,” ujarnya.

Estate Manager AAPA Sujaka Yunfiter mengaku, bersama tim satgas dan KTPA, diupayakan agar penanganan karhutla dapat lebih maksimal.
“Mengantisipasi agar tidak ada bencana kebakaran di Kecamatan Kelay, serta di areal konsensi masing-masing perusahaan,” jelasnya

Seluruh kegiatan pencegahan Karhutla, tambahnya, satu rangkaian dengan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Memprogramkan pemberdayaan ekonomi kampung agar dapat tumbuh makmur tanpa karhutla.

Sementara Kapolsek Kelay, AKP Sutrisno mengapresiasi kepudulian PT YWA dan PT AAPA dalam upaya pencegahan karhutla.
Ia mengharapkan agar semua pemangku kepentingan, baik perusahaan, Muspika Kelay serta masyarakat terus menjalin komunikasi dalam penanganan karhutla.

Senada dengan Sutrisno, Danramil Kelay, Kapten Arm Irfan memberikan apresiasi yang sama. Apalagi sinergi antara kedua perusahaan ini dengan Muspika Kelay, dan masyarakat sangat baik.

“Kegiatan seperti ini sangat positif. Harus terus dilakukan. Untuk membantu pemerintah dan masyarakat,” ujarnya. (ADV/ZZA)

Leave A Reply