Vaksin Buatan Rusia Diakui Barat

0
IMG 20200902 WA0009
Uji klinis vaksin corona yang dibuat perusahaan milik Rusia. (IN)

Moskow, nomorsatukaltim.com – Pernyataan pejabat senior AS dan langkah Inggris atas kemungkinan pelacakan cepat vaksin COVID-19 menunjukkan negara Barat kini menerima bahwa Rusia sudah tepat menyetujui vaksin COVID-19 yang diumumkan bulan lalu.

Rusia mengantongi persetujuan regulator atas vaksin COVID-19 Agustus ini. Setelah kurang dari dua bulan uji klinis pada manusia, yang menimbulkan keraguan di kalangan para ahli negara Barat terkait keamanan dan kemanjuran vaksin tersebut.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS sejak itu mengatakan, pihaknya siap mempercepat proses persetujuan otorisasi vaksin COVID-19 selama para pejabat yakin bahwa manfaatnya lebih besar ketimbang risikonya.

Pekan lalu, Pemerintah Inggris memantapkan rencana yang akan memungkinkan regulator medis Inggris memberikan otorisasi sementara untuk setiap vaksin COVID-19. Sebelum menerima persetujuan penuh jika memenuhi standar keamanan dan kualitas.

AS dan London kini “justru mencontoh Rusia,” kata Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia, yang banyak terlibat dalam program vaksin buatan Rusia.

“Negara Barat tercengang atas kesuksesan Rusia (dalam mengembangkan calon vaksin) dan harus melewati empat tahapan penerimaan yang tak dapat dimungkiri: penolakan, kemarahan, depresi, dan akhirnya penerimaan,” katanya.

“Pernyataan baru-baru ini memperlihatkan bahwa sejumlah mitra Barat kami telah melalui tahapan depresi dan kini menerima bahwa prosedur Rusia tepat adanya.”

Rusia kini memulai uji klinis Tahap III vaksin Sputnik V, yang akan menguji kemanjuran vaksin dalam kelompok partisipan yang lebih besar. Pihaknya juga siap merestui vaksin COVID-19 kedua pada akhir September atau awal Oktober.

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko menyebutkan, vaksinasi massal terhadap kelompok berisiko tinggi di Rusia akan dimulai pada November-Desember tahun ini. (an/qn)

Share this :

Leave A Reply