Warga Kurang Mampu Dapat Sambungan PDAM Subsidi

0

Pemasangan sambungan jaringan pipa PDAM dalam program subsidi SR-MBR di Kubar, diawasi langsung oleh Direktur PDAM Tirta Sendawar, Untung Surapati. (imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Warga Kutai Barat (Kubar) patut bahagia. Pemkabnya akan segera menuntaskan program kebutuhan air bersih. Realisasi anggarannya dari program subsidi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Keuangan RI. 

Lebih-lebih, yang jadi sasaran pemasangan Sambungan Rumah (SR) ini. Adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). PDAM Tirta Sendawar sudah mulai melaksanakannya.

“Data penduduk dari pengurus kampung, warga yang belum terpasang sambungan PDAM. Serta listrik di rumahnya di bawah 1.300 watt,” jelas Direktur PDAM Tirta Sendawar, Untung Surapati kepada Disway Kaltim, di ruang kerjanya, Selasa (1/9).

Tahap pertama program MBR 2020 ini oleh PDAM Tirta Sendawar akan dilaksanakan pada 9 kecamatan. Anggarannya, didahului oleh Pemkab Kubar. Hingga saat ini sudah sekitar 1.928 sambungan rumah.

“Akhir September ini akan selesai semua. Masyarakat yang sudah mendapatkan program bersubsidi ini agar  menjadi pelanggan PDAM,” lanjutnya.

Program MBR tahap pertama ini dimulai sejak 11 Agustus dan target selesai 20 September. Target yang diberikan kementerian hingga 30 September.

Hingga saat ini program pemasangan SR penerima manfaat MBR oleh PDAM Tirta Sendawar sudah terpasang di tiga kecamatan. Yakni Melak di dua kelurahan dan 1 kampung. Kecamatan Barong Tongkok pada 8 Kampung, Kecamatan Sekolaq Darat  pada 7 Kampung.

Kecamatan yang masih tahap pemasangan yakni Mook Manar Bulatn di  3 kampung. Kecamatan Tering pada 3 kampung, Kecamatan Linggang Bigung pada 5 kampung. Kecamatan Damai di 2 kampung, Kecamatan Siluq Ngurai di 2 kampung,  dan Kecamatan Bongan 3 kampung.

“Sudah terpasang sebanyak 1.061 sambungan, yang belum dipasang sebanyak 867 sambungan, kemudian yang harus dipasang sebanyak 1.928 sambungan,” tutur Untung.

Dalam program ini juga ada yang tidak memenuhi syarat, sebanyak 172 sambungan. Rencana total pemasangan sebanyak 2.100 sambungan.

“Tahun depan PDAM Tirta Sendawar menarget 2.700 sambungan,” ujarnya.

Perlu diketahui, bagi masyarakat yang masuk dalam daftar program pemasangan SR penerima manfaat MBR oleh PDAM Tirta Sendawar, persyaratan administrasinya sangat mudah.

“Melengkapi berkas persyaratan, karena di subsidi maka hanya membayar administrasi Rp 550 ribu. Juga administrasi akad kontrak sebesar Rp 350 ribu,” tambah Bendahara PDAM Tirta Sendawar, Maria.(imy/ava)

Share this :

Leave A Reply