Persiba Latihan, Protokol Kesehatan Diperketat

0

Skuat Persiba saat latihan perdana di Stadion Batakan Balikpapan, Senin (31/8/2020). (Rayhan/ Media Officer)

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Persiba Balikpapan memang sudah memulai latihan perdananya di Balikpapan. Per Senin (31/8/2020) lalu Bryan Cesar dkk memulai latihan di Stadion Batakan Balikpapan. Latihannya malam hari.

Meski demikian protokol kesehatan sangat ketat. Latihan tertutup, mengingat pengelola stadion Batakan mewajibkan seluruh orang yang masuk area stadion mesti menunjukkan hasil rapid test. Sepak bola notabene olahraga yang memiliki kontak fisik. Sehingga wali kota Balikpapan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/ 0397 /Pem tentang panduan fase kedua relaksasi/ pelonggaran kegiatan sosial masyarakat pada masa pandemi COVID-19 di Kota Balikpapan.

Sebagai klub professional. Yang bakal mengikuti kompetisi resmi Liga 2 2020 Oktober mendatang. Persiba diperbolehkan untuk berlatih di stadion mewah itu. Tapi harus menerapkan protokol kesehatan.

“Semua kegiatan atlet, atau sepak bola yang resmi tetap diperbolehkan dengan protokol kesehatan. Termasuk Persiba, karena diatur dalam Permenpora,”  kata Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Irvan Taufik, Selasa (1/9/2020).

Persiba siap untuk itu. Mulai dari berkumpul di mes, naik bus, latihan di stadion, hingga kembali ke mes wajib mematuhi protokol kesehatan. Apalagi saat ini di Kota Minyak jumlah kasus COVID-19 terus meningkat. Data sementara jumlah kasus COVID-19 berjumlah 1.814. Sebanyak 1.069 orang sembuh dan 126 lainnya meninggal dunia.

Pun saat di dalam stadion. Seluruh anggota tim wajib menggunakan botol minuman pribadi untuk menghindari pemakaian secara bersama-sama atau disediakan botol air mineral kemasan yang hanya satu kali pakai dan sebelum nya sudah di sterilkan kemasannya.

Tidak di perkenankan juga ada penonton di stadion. Ofisial tim juga tidak diperkenankan memiliki kontak dengan pemain. Seluruh anggota tim wajib membuang segala bentuk sampah ataupun botol minuman kemasan ke dalam tempat yang di sediakan. Bagi pemain yang berada di pinggir lapangan dilarang keras berada jauh dari bench atau pun tempat duduk ofisial.

Tetap disediakan hand sanitizer di dalam lapangan yang dapat di gunakan sewaktu-waktu. Selesai latihan, Sleuruh anggota tim wajib mengumpulkan seluruh pakaian kotor dalam 1 wadah dan diikat lalu di kumpulkan.

Tim pendukung yang mengambil dan mengangkut pakaian kotor pemain wajib memakai sarung tangan dan masker serta tetap menerapkan PHBS. Seluruh anggota tim wajib mandi sebelum meninggalkan stadion. Wajib memakai 1 jalur pintu keluar yang di pakai untuk masuk sebelumnya. Anggota tim wajib memakai masker saat di locker room dan saat keluar stadion menuju bus.

Usai dari ruang ganti semua pemain langsung menuju bus. Di area dekat bus di larang ada penonton ataupun supporter. (fdl/ava)

Share this :

Leave A Reply